Kunjungi Rumah Tua Rantau Panjang, Ratu Tampil "Kahay"

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 15:13:14 - Dibaca: 219 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Dalam lawatan di Kabupaten Merangin, calon gubernur Jambi Ratu Munawaroh menyempatkan diri berkunjung ke Rantau Panjang, Kecamatan Tabir, Jumat (16/10) kemarin.

Di tanah Tali Undang Tambang Teliti itu, istri mendiang Zulkifli Nurdin diminta menggenakan baju kurung, kain sarung dan tekuluk khas perempuan Rantau Panjang.

Kunjungan Ratu ini bukanlah yang pertama di Rantau Panjang. Kedatangannya justru untuk kembali bernostalgia dengan masyarakat karena secara pribadi Ratu sebelumnya pernah berkunjung bersama Zulkifli Nurdin.

"Foto saya ketika mengunjungi cagar budaya rumah tua ini pada saat almarhum (Zulkifli Nurdin,red) jadi Gubernur Jambi masih saya simpan, dalam pameran budaya sering foto ini saya tampilkan, " jelas Ratu.

Dengan mengenakan tekuluk, Ratu terlihat kahay (cantik). Sebutan itu merupakan panggilan khusus masyarakat setempat untuk perempuan tampil cantik menggunakan pakaian khas Rantau Panjang.

Ratu juga menyempatkan diri mengunjungi perkampungan rumah tua rantau panjang. Rumah itu telah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

"Kebanggaan kita masyarakat Jambi, ini bukti bahwa karya arsitektur orang Jambi di masa lalu itu sudah hebat, dan tanggung jawab kita sekarang membangun Jambi jauh lebih hebat" tukasnya. (aiz)