Hasbi Anshori dan Bank Indonesia Salurkan 27 Ribu Lebih Bibit Pinang Betara di Batanghari

Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:43:55 - Dibaca: 314 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

BATANGHARI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menyerahkan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Kelompok Maju Bersama Desa Pulau Raman Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari. Bantuan ini langsung diserahkan oleh Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi A. Pandu Wirawan dan didampingi oleh anggota DPR RI Komisi XI Hasby Ansori,SE.,MM dari Fraksi Partai Nasdem. Kamis (22/10).

Adapun Bantuan yang diberikan yaitu berupa sarana dan prasarana pengembangan tanaman Pinang Betara Bersertifikat Disbun Provinsi Jambi. Bantuan yang diberikan yaitu sebanyak 27.500 bibit dengan nilai Rp 247,5 juta, bantuan pupuk sebanyak 13,7 ton atau untuk 0,5 kg per bibit Pinang.

"Penerima manfaat ini awalnya berjumlah 55 orang, namun bertambah menjadi totalnya 75 orang," ujar Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi A. Pandu Wirawan.

Dirinya berharap bantuan Bibit Pinang yang nantinya ditanam agar dirawat dan dipelihara dengan baik sesuai instruksi penangkar atau PPL. Bantuan pupuk juga diberikan untuk merawat Pinang agar tumbuh dengan baik. "Tentunya kita berharap Pohon Pinang Betara ini ke depan dapat menjadi produk unggulan daerah berorientasi ekspor. Sehingga Desa Pulau Raman, Pemayung, Batanghari bisa menjadi Sentra Pertumbuhan Ekonomi baru yaitu sentra Pinang Betara berorientasi ekspor," sebut Pandu

Dengan demikian, tentunya juga diharapkan akan memberikan dampak positif bagi upaya pemulihan dan percepatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Batanghari dan Provinsi Jambi. "Penjualan buah pinang hasil bantuan ini agar dilakukan secara terpusat, tersentralisasi melalui kelompok tani atau pengurus yang ditunjuk. Nantinya bisa dibentuk koperasi untuk pengelolaannya agar menjadi lebih baik," harap Pandu.

Sementara itu anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Nasdem Hasbi Anshori,SE.,MM dalam sambutannya mengatakan dirinya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, agar nantinya hasil yang didapat bisa dirasakan langsung oleh para petani.

"Saya berharap apa yang diberikan kepada masyarakat itu bisa dinikmati hasilnya dan dimanfaatkan, saya minta kepada penangkar dikasih bimbingan kepada para petani bagaimana cara menanam dengan baik dan benar, agar hasilnya maksimal,"ujar Hasbi Anshori.(rza)