Peran Serta Masyarakat Didalam Pengamanan Fungsi Hutan dan Lingkungan

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 09:24:50 - Dibaca: 452 kali

Google Plus Stumbleupon


Foto bersama TPKM FH Unja usai kegiatan Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Dalam Pengamanan Fungsi Hutan dan Lingkungan
Foto bersama TPKM FH Unja usai kegiatan Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Dalam Pengamanan Fungsi Hutan dan Lingkungan / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Hutan merupakan karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, dan karunia ini merupakan sebuah amanah yang mana harus diurus dan dimanfaatkan secara bijak dan baik. Dalam hal pemanfaatan hutan dan lingkungan ini, manusia harus memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, Dosen Fakultas Hukum Universitas Jambi yang diketuai oleh Fitria, dan beranggotakan Dr. Afif Syarif, Netty, Dr. Fauzi Syam dan Rustian Mushawirya, melakukan pengabdian dengan judul “Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengamanan Fungsi Hutan dan Lingkungan,” di Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun.

"Salah satu cara meningkatkan peran serta masyarakat, adalah dengan memberikan pemahaman mendasar terlebih dahulu mengenai fungsi hutan dan lingkungan, beberapa peran serta masyarakat, yang cukup penting di dalam pelestarian hutan di wilayah Kabupaten Sarolangun, adalah dengan menanamkan kesadaran penting hutan, menghilangkan kebiasaan menjaga lingkungan hidup, menghemat air bersih dan melakukan daur ulang. Agar peran serta masyarakat terwujud dan peran tersebut maksimal maka harus didukung oleh kebiajakan pemerintah daerah dan pemerintah pusat," papar Fitria.
Masyarakat pun harus tetap menjaga fungsi hutan, sebagai wilayah penyanggah dan turut serta didalam mengawasi kejahatan-kejahatan, seperti illegal logging dan penebangan hutan tanpa izin. Perilaku masyarakat harus bertindak secara sosial, dengan cara memanfaatkan alam dan lingkungan hidup untuk meningkatkan kesejahteraan dengan tetap menjaga fungsi hutan.
"Dalam Pengabdian ini yang menjadi titik berat oleh tim, adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memahami mengenai kelestarian lingkungan, serta memanfaatkan fungsi hutan secara berkesinambungan, dan melakukan konservasi untuk mencegah kerusakan lingkungan," tandasnya. (yos)