Debat Tebuka Calon Gubernur, Pengamat Sebut Cek Endra Berpengalaman dan Rasional

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:12:11 - Dibaca: 1043 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Debat pertama calon gubernur Jambi menjadi sorotan. Namun demikian ada catatan tertentu terhadap debat ini.

Pengamat politik Navarim Karim mengatakan debat pertama calon gubernur Jambi memang terjadi banyak plus dan minus. "Artinya semua calon gubernur yang berdebat tadi malam sudah punya starting poin yang sama, " Ujar Navarim.

Kata Navarim calon gubernur nomor urut satu Cek Endra sudah baik sekali dalam menjabarkan paparanya dalam debat tadi malam. "Cek Endra cukup pengalaman dan rasional dalam menyampaikan pendapatnya, "katanya.

Lalu calon gubernur nomor urut dua Fachrori Umar juga baik dalam menyampaikan visi dan misi serta program. "Fachrori Umar berpengalaman dalam penyampaian visi-misi dan paparanya," katanya.

Sementara untuk pasangan calon gubernur nomor urut tiga yakni Al Haris juga sangat baik. "Haris sangat energik dalam menyampaikan programnya, " Ujarnya.

Catatan lainnya adalah debat pertama calon gubernur memang masih banyak kekurangan, yakni debat politik yang disampaikan seperti dagelan. Karena masing-masing calon gubernur seolah belum tegas dalam menyampaikan paparanya. "Harus kita akui debat semalam kayak dagelan politik, ada yang lucu dan ada pula yang tidak sesuai harapan, " Ujarnya.

Selain itu dosen Unja ini juga meminta agar moderator bisa lebih aktif lagi dalam debat selanjutnya. Moderator bisa mengambil alih debat jika tidak sesuai. "Peran moderator harus lebih tajam lagi dan mengetahui perjalanan debat selanjutnya, " Katanya

Makanya jika ada calon yang tidak menjawab atau tidak bertanya maka moderator bisa mengatur debat tersebut. (aiz)