Siapakah Joe Biden? Ini Profilnya

Minggu, 08 November 2020 - 13:28:56 - Dibaca: 2792 kali

Google Plus Stumbleupon


Joe Biden. Foto: AP/Carolyn Kaster
Joe Biden. Foto: AP/Carolyn Kaster / Jambi Ekspres Online

WASHINGTON DC- Amerika Serikat (AS) bakal memiliki presiden baru. Joe Biden dari Partai Demokrat akan menjadi Presiden ke-46 AS.

Biden kini menyandang status elected presidentsetelah mengalahkan Donald Trump yang notabene calon presiden petahana dari Partai Republik.

Lantas, siapakah Joe Biden?

Pria bernama asli Joseph Robinette Biden itu lahir pada 20 November 1942 di Scranton, Pennsylvania. Namun, Biden tumbuh dan besar di Delaware.

Peraih gelar sarjana hukum dari Syracuse University, News York itu menjadi senator pada 1972. Kala itu Biden tercatat sebagai satu dari enam senator termuda dalam sejarah AS.

Selanjutnya, Biden enam kali terpilih sebagai senator dan duduk sebagai wakil rakyat selama 36 tahun. Suami Jill Biden itu dikenal berpengaruh di Komite Luar Negeri Senat AS.

Pada Pilpres AS 2008, Biden menjadi pendamping Barack Obama. Dia menjadi wakil presiden selama dua periode kepresidenan Obama, yakni 2009-2013 dan 2013-2017.

Pada masa pemerintahan Obama, peran penting Biden ialah menggenjot sektor infrastruktur untuk memperbaiki ekonomi setelah krisis finansial 2008. Pada 2010, Biden bernegosiasi dengan para politikus Partai Republik di Kongres AS untuk membuat Undang-Undang Keringanan Pajak.

Biden juga pernah mengalami peristiwa buruk dalam hidupnya. Istri pertamanya, Neilia, tewas dalam kecelakaan di Delaware pada 18 Desember 1972.

Kecelakaan itu juga mengakibatkan putri Biden yang abru berusia setahun, Amy meninggal dunia. Sementara dua putra Biden, Beau dan Hunter mengalami luka-luka.

Pada 1977, Biden menikahi Jill Tracy Jacobs yang berprofesi sebagai dosen. Rumah tangga Biden dengan Jill pun langgeng sampai sekarang.

Keberhasilan Biden menuju Gedung Putih pada Pilpres AS 2020 seolah mengulangi sejarah George HW Bush yang pernah menjadi presiden setelah sebelumnya pernah menjadi wapres.

Bush -memimpin AS pada 1989-1993- sebelumnya adalah wapres bagi di era kepresidenan Ronald Reagan.

Biden juga akan memegang rekor sebagai presiden tertua. Saat dilantik pada 20 Januari 2021 nanti, Biden sudah berusia 78.

Sebelumnya presiden tertua AS ialah Ronald Reagan. Pada 1989, mantan bintang film itu lengser dari jabatan Presiden AS pada usia 77.

Pada Pilpres AS 2020, Biden menggandeng Kamala Devi Harris sebagai mitranya atau running mate.Ahli hukum yang pernah menjadi Jaksa Agung California itu juga bakal menyandang rekor perempuan pertama dari kulit berwarna yang menjadi Wapres AS.(Anadolu/jpnn)

Sumber: www.jpnn.com