Tingkatkan SDM Ditengah Pandemi, Disparbud Kerinci Gelar Berbagai Pelatihan

Senin, 09 November 2020 - 10:17:38 - Dibaca: 945 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Meski terkendala dengan kondisi Covid-19 saat ini, tak membuat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci kehilangan arah untuk terus berusaha meningkatkan Sumber Daya Manusia dan meningkatkan ekonomi bagi pelaku pariwisata.

Salah satunya, dengan membuat kegiatan berbagai pelatihan. Hal itu disampaikan langsung Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kerinci, Juanda Sasmita.

Dikatakan Juanda, bahwa pada tahun 2020 ini, Kerinci termasuk 1 diantara seluruh Kabupaten yang juga terdampak pandemi Covid 19. Sehingga, beberapa event besar seperti Festival Kerinci dan Tuor De Singkarak ditiadakan.

Bukan hanya itu saja, bahkan mengakibatkan sejumlah objek wisata di Kerinci juga ditutup. "Tentunya, ini akan berdampak serius terhadap ekonomi bagi pelaku wisata di Kerinci," ungkapnya.

Untuk meningkatkan SDM dan ekonomi bagi pelaku pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan, Disparbud Kerinci melaksanakan beberapa pelatihan diantaranya pelatihan tata kelola homestay, Pelatihan pengelolaan destinasi, pelatihan pemandu wisata pedesaan. "dan pelatihan pemandu wisata Paralayang, yang saat ini masih berlangsung dan dibuka dari tanggal 28 Oktober sampai 11 November 2020 yang berlokasi di Kayu Aro dan Tanjung Pauh," ungkapnya.

Disamping itu, pihaknya juga telah melakukan pelatihan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Selanjutnya Juga tahun ini sedang dilakukan pembangunan dan rehab di objek wisata yang dikelola Dinas Parbud. "Bukan hanya itu, kita juga melakukan kerja sama dengan pihak Unja dalam promosi wisata ( digitalisasi)," pungkasnya.(adi)