Sampaikan Visi Misi, Ratu Fokus Penguatan Gender

Minggu, 22 November 2020 - 01:52:31 - Dibaca: 339 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Gunakan tengkuluk khas Jambi, Calon Wakil Gubernur Jambi nomor urut satu Ratu Munawaroh Zulkifli jawab pertanyaan panelis dengan tenang.

Dalam debat Cawagub kali ini tema yang diangkat yaitu "Peningkatan kualitas sumber daya manusia menuju optomalisasi pelayanan publik. Sinkronisasi pembangunan antara pusat dan daerah".

Ratu menjelaskan bahwa visi misinya bersama dengan Cek Endra yakni Jambi Cerah 2024. Dirinya menjelaskan bahwa saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Jambi masih berada di angka 70an.

"Berbicara tentang segala apa yang menjadi sumber daya manusia maka tak lepas dari apa yang dinamakan indeks pembangunan manusia atau kita sebut dengan IPM Jambi sendiri IPM menempati angka di 71, 26 dan indikator tersebut indikasi tersebut terletak pada 3 indikator pendidikan, kesehatan dan ekonomi," jelasnya. Sabtu, (21/11/2020).

Ratu menjelaskan bahwa IPM tidak lepas dari apa yang dinamakan pengarusutamaan gender. Di provinsi Jambi sendiri, Ratu mengatakan bahwa pengarustamaan masih sangat rendah di angka 65,30 sangat jauh dengan pengarusutamaan gender nasional di angka 80,32 persen.

"Kenapa itu terjadi padahal kaum perempuan sendiri mempunyai sebuah kekuatan yang sangat penting. Tolong diingat oleh kita semua bagaimana para pemilih dari kaum perempuan di provinsi Jambi mencapai angka 49 persen. Angka yang tidak boleh diremehkan," ujarnya.

Dirinya menyebutkan bahwa kedua program yang dibawanya ini akan menjadi pedoman dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Jambi.

"Kedua program ini menjadi program yang sinergitas nya sangat baik. Agar semua program tersebut menjadi sebuah hal yang harus betul-betul kita pedomani," tutupnya. (aiz)