Meski Tamatan Aliyah, Ratu Mampu Ungguli Dua Rival Politiknya Pada Debat Cawagub Jambi

Minggu, 22 November 2020 - 10:23:57 - Dibaca: 347 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Debat publik calon wakil gubernur Jambi menyisakan decak kagum terhadap Ratu Munawaroh usai digelar KPU, Sabtu tadi malam (21/10). Ini karena Ratu menjadi satu-satunya calon perempuan dalam Pilgub Jambi 2020 ini.

Tidak hanya itu, penampilan Ratu mampu mengungguli dua pesaingnya yang berpendidikan tinggi. Ratu terlihat lebih piawai menyampaikan visi dan misinya.

Syafril Nursal adalah seorang jenderal polisi bintang dua, juga berpendidikan strata dua (S2). Begitupun Abdullah Sani adalah mantan wakil walikota Jambi, seorang dosen yang juga berpendidikan S2.

Cawagub nomor urut 1 ini terlihat tidak sedikit pun canggung atau gugup meladeni lawan debatnya yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Bahkan Ratu mampu mengunggulinya.

Komentar netizen pun berseliweran memuji istri mantan gubernur Jambi almarhum Zulkifli Nurdin itu. Gaya bahasa, pilihan kata, menyelipkan bahasa Inggris bahkan mengutip ayat suci Al-Qur'an, menjadi paduan narasi yang mengalir asyik untuk dinikmati.

Pendidikan formal Ratu hanya lulusan Madrasah Aliyah Negeri Cipasung Tasikmalaya. Meskipun sempat kuliah sampai di semester 4 Fakultas Tarbiyah IAIN Cipasung Tasikmalaya, mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMIl) ini tidak kalah dalam urusan berdebat, meskipun lawannya adalah master semua.

Kemampuan publik speaking dan debat yang mumpuni ini, sepertinya terasah ketika Ratu jadi aktivis mahasiswi PMII di Tasik Malaya plus pengalaman 10 tahun menjadi istri Gubernur Jambi. Netizen pun berkomentar memuji penampilan pasangan CE -Ratu yang memukau ini.

Navarin Karim seorang pengamat politik kenamaan Jambi pun tak segan berkomentar di status medsosnya" Miracle, tak mengira dengan gaya orator yang menarik dengan wawasan yang mumpuni dan bahasa elegance dari satu kandidat cawagub. Jika anda orang yang objektif mengikuti debat, tentu akan mengiyakan saya," katanya.

Meskipun tak menyebut nama, netizen mahfum yang dimaksud itu Ratu Musnwaroh. "Kita tau siapa yang paling cerdas debat semalam, pasti Ratu Munawaroh , " Ujar netizen.

Netizen lainnya yakni Heri juga memuji penampilan Ratu munawaroh yang menyampaikan paparan visi dan misi secara cerdas. "Keren, Ratu Munawaroh memang cerdas, " Kata Heri dalam akun Facebook nya. (aiz)