Pakalan Gerakan Pramuka STAI Ma’arif Gelar Penerimaan Tamu Racana

Minggu, 22 November 2020 - 20:28:56 - Dibaca: 732 kali

Google Plus Stumbleupon


Waka Mabigus dan Pembina Pakalan Gerakan Pramuka Racana KH Hasyim Asy’ari dan Cut Mutia STAI Ma’arif foto bersama panitia dan peserta PTR pada 21-22 November 2020.
Waka Mabigus dan Pembina Pakalan Gerakan Pramuka Racana KH Hasyim Asy’ari dan Cut Mutia STAI Ma’arif foto bersama panitia dan peserta PTR pada 21-22 November 2020. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Racana KH Hasyim Asy’ari dan Cut Mutia Gerakan Pramuka STAI Ma’arif Jambi menggelar Penerimaan Tamu Racana (PTR) bagi mahasiswa baru pada 21-22 November 2020 lalu. Kegiatan PTR sendiri diikuti sebanyak 35 orang mahasiswa baru STAI Ma’arif Jambi.

        Kegiatan ini dibuka Waka Mabigus Pakalan Gerakan Pramuka Racana KH Hasyim Asy’ari dan Cut Mutia STAI Ma’arif Gelar, Sukri Nasution, SE, MM. Dalam arahannya Sukri menyambut baik kegiatan yang digelar paniti kegiatan Penerimaan Tamu Racana ini.

        “Saya menyambut baik kegiatan ini dan kita harapkan kegiatan ini dilaksanakan secara berkesenambungan, sehingga Gerakan Pramuka di STAI Ma’arif Jambi tetap bergeliat,” ujar Sukri yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua 2 STAI Ma’arif Jambi ini.

        Pada kesempatan tersebut Sukri juga mengapresiasi panitia kegiatan, karena tetap menerapkan protocol kesehatan selama kegiatan tersebut. “Saya minta agar dalam kegiatan ini hingga akhir tetap memperhatikan protokol kesehatan, agar kita semua terbebas dari Covid 19,” harapnya.

        Sementara itu Pembina Pramuka Pakalan Pramuka STAI Ma’arif Jambi, Dr. Kemas Imron Rosadi, MPd mengatakan, PTR ini merupakan kegiatan rutin Pangkalan KH Hasyim Asy’ari dan Cut Mutia. Untuk tahun ini pihkanya menerma sebanyak 35 orang.

        “Tujuan ini dalam rangka regenerasi anggota pramuka. Jadi ketika mahasiswa baru masuk itu mereka wajib ikut PTR dan mengikuti kegiatan rutin pramuka di kampus. Target kita adalah mereka 3 bulan ke depan  bisa menjalankan SKU untuk dapat dilantik sebagai Pandega. Akhirnya nanti mereka untuk mengikuti kurus mayor dasar (KMD),” ujar Kemas Imron kemarin.

        Dikatakannya, dengan mengikuti KMD maka diharapkan mereka bisa menjadi Pembina pramuka yang ada di sekolah/madrasah disemua jenjang nantinya. “Kalau bisa lagi nanti mereka bisa mengembangkan dengan mengikuti kursus mayor lanjutan (KML),” harapnya.

        Namun demikian dikatakan Imron, tujuan akhir dari kegiatan pamuka di STAI Ma’arif Jambi bagaimana membentuk karakter anak muda bangsa ke depan, mulai dari kejujuran, kedisiplinan, kecerdasaran  dan yang paling penting akhlakul karimah. (kta)