BI Jambi Sukseskan Palaksanaan KKI Seri-3 Secara Virtual

Senin, 23 November 2020 - 11:17:34 - Dibaca: 608 kali

Google Plus Stumbleupon


Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat membuka kegiatan KKI Seri-3 Tahun 2020 secara virtual
Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat membuka kegiatan KKI Seri-3 Tahun 2020 secara virtual / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Bank Indonesia sukses menggelar Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri-3 Tahun 2020 yang dikhususkan untuk UMKM. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo secara virtual. Hal ini mengingat Protokol Kesehatan serta himbauan Pemerintah untuk tetap membatasi kegiatan yang meliputi massa dengan jumlah besar dan melakukan social distancing dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, sehingga rangkaian kegiatan KKI pada tahun ini dilaksanakan secara virtual.

KKI Seri-3 Tahun 2020 ini diselenggarakan secara serentak oleh 25 Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI), termasuk KPwBI Provinsi Jambi yang melaksanakannya secara virtual dari Swiss-Belhotel Jambi, pada Jumat (20/11). KPwBI Provinsi Jambi merangkai kegiatan KKI Seri-3 Tahun 2020 dengan mengadakan pameran batik oleh para perajin Batik Jambi, peyerahan hadiah lomba fotografi virtual dan penyerahan hadiah kompetisi Tik Tok Mix and Match Batik Jambi.

Adapun KKI Virtual Tahun 2020 mengangkat tema “Mendorong UMKM sebagai Kekuatan Baru Perekonomian Nasional di Era Digital” dengan mengedepankan sinergi Bank Indonesia dan Kementerian/ Lembaga melalui joint events untuk beberapa kegiatan. Sinergi ini ditujukan untuk meningkatkan gaung KKI dan wujud kontribusi nyata Bank Indonesia bersama Kementerian/ Lembaga dalam penpembangan UMKM serta menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). “Rangkaian KKI Virtual 2020 pada seri kali ini diisi dengan berbagai macam kegiatan yang meliputi kegiatan expo virtual, edukasi onboarding UMKM, fasilitasi business matching, business coaching, fashion show dan workshop yang akan berlangsung hingga tanggal 22 November,” sebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti  Masniari Nasution.

Keikutsertaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dalam KKI Virtual Tahun 2020 Seri-3 ini tidak lepas dari Prestasi UMKM Provinsi Jambi di KKI pada seri sebelumnya, yaitu masuk dalam 5 besar Provinsi dengan penjualan terbanyak dari 34 peserta se- Indonesia selama 2 kali berturut-turut. Selain itu, nama Provinsi Jambi juga semakin dikenal berkat kesuksesan kain tradisionalnya yaitu batik dan songket Jambi yang telah mencuri perhatian para pecinta fashion tanah air melalui sentuhan beberapa desainer nasional dan internasional dalam beberapa gelaran. “Hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan kita doakan bersama agar prestasi serupa dapat terulang kembali di gelaran lainnya sehingga UMKM Jambi dapat semakin dikenal dan Go Internasional. Semoga hal baik ini dapat diikuti UMKM Jambi lainnya,” sebut Suti Masniari.

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo saat membuka kegiatan KKI Seri-3 Tahun 2020 mengatakan, pelaku UMKM di Indonesia bisa naik kelas dan mendunia. Untuk mewujudkan hal tersebut, UMKM Indonesia harus memperbaiki diri, utamanya dari sisi kualitas produk, branding, packing, pelayanan, dan harga. Pelaku UMKM yang berasal dari generasi muda atau kaum milenial harus memanfaatkan kemampuan utamanya, yakni penggunaan platform digital untuk memajukan usahanya. "Pemanfaatan platform digital bagi usaha milenial sangat menjanjikan, karena anak-anak muda Indonesia jumlahnya sangat-sangat besar. Mereka sudah terbiasa dengan teknologi, sehingga cepat beradaptasi. Jaringan pertemanan mereka juga luas yang dijalin melalui interaksi media sosial," kata Iriana dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 yang disiarkan virtual, Jumat (20/11).

2A_65

Arahan Gubernur BI, Perry Warjiyo

3A_66

Sambutan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti  Masniari Nasution

4A_58

Foto Bersama

5A_40

Meninjau booth UMKM yang merupakan Perajin Batik Jambi

Peran UMKM milenial yang dekat dengan platform digital punya kemampuan untuk mengenalkan produk-produk Tanah Air ke dunia internasional. Agar tidak kalah saing dengan produk-produk negara lain, penggunaan platform digital bagi UMKM saat ini telah membuka kesempatan yang sangat luas kepada generasi muda, kaum millennial untuk mengembangkan usaha-usaha kreatif dan inovatif, lebih banyak dan beragam jenisnya.

Harapannya, peran kaum milenial di level UMKM  bisa membuka lapangan kerja baru, dan kembali menggerakkan perekonomian Indonesia. "Karena itu sekarang waktu yang sangat tepat untuk anak muda Indonesia menjadi wirausaha untuk membangun dan membesarkan UMKM. Membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, dan memajukan perekonomian akan kita kembali bergerak," ujar Ibu Negara. (kar)