79 S/M Pilot Projet di Provinsi Jambi Ikuti Visitasi Daring

Akan Menjadi Catatan Sejarah Visitasi Daring Pertama Bagi BAN-SM

Senin, 23 November 2020 - 11:41:37 - Dibaca: 1368 kali

Google Plus Stumbleupon


Anggota BAN-SM Prof Dr. Arsimunandar, MPd saat menyampaikan arahan saat pembukaan Visitasi Daring untuk 79 S/M di Provinsi Jambi pada Senin (23/11) kemarin
Anggota BAN-SM Prof Dr. Arsimunandar, MPd saat menyampaikan arahan saat pembukaan Visitasi Daring untuk 79 S/M di Provinsi Jambi pada Senin (23/11) kemarin / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Ribuan sekolah/madrasah (SM) se-Indonesia yang menjadi Pilot Project Akreditasi tahun 2020 mulai 23 November hingga 28 November 2020 mengikuti Visitasi Daring. Termasuk 79 sekolah/madrasah (SM) di Provinsi Jambi juga mulai mengikuti visitasi Daring yang digelar BAN-SM Provinsi Jambi.

          Kegiatan pembukaan Visitasi Daring bagi 79 S/M di Provinsi Jambi dibuka Anggota BAN-SM Pusat, Prof. Dr. H. Arismunandar, MPd yang juga sebagai Pembina BAN-SM Provinsi Jambi. Dalam arahanya Prof Aris begitu ia akrab dipanggil mengucapkan selamat mengikuti Visitadi Daring bagi asesor maupun S/M.

          “Semoga pelaksanaan Visitasi Daring di Provinsi Jambi berjalan dengan lancar dan tidak kendala yang berarti. Apalagi pelaksanaan Visitasi Daring ini baru pertama digelar, tentu akan ada banyak kendala-kendala yang harus dihadapi,” ujar Aris kemarin.

          Dikatakan Prof Aris, ada yang berbeda dari pelaksanaan Visitasi Daring tahun 2020, dimana instrumen yang digunakan baru saja disahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud),  sehiggga menjadi salah satu harapan agar bisa dilaksanakan dengan baik oleh asesor dalam melakukan penilaian.

          “Saya minta asesor bisa menjalkan tugasnya dengan baik. Apalagi instrumen akreditasi satuan pendidikan (IASP) baru pertama dilaksanakan dan ini pertaruhan bagi BAN-SM, apalagi kita terhambat situasi pandemi, sehingga kegiatan Daring dengan segala kelebihan dan kekurangannya,” aku mantan Rektor UNM ini.

Prof Aris juga berharap dukungan dari pihak S/M untuk sepenuh hati memberikan informasi kepada BAN-SM melalui asesor, karena sasaran pertama IASP yang baru saja disahkan. “Kami berharap penyediaan dokumen yang belum terunduh, mohon S/M mengunduh kembali dokumennya,” pintanya.

Pihaknya saat visitasi pasti menemukan hambatan komunikasi jaringan, koordinasikan dengan BANP, sehingga tertunda kegiatan visitasi karena ada hambatan dengan kondisi yang tidak pasti. Maka disarankan mencari solusi dan dukungan asesor dan S/M.

“Begitu juga Sispena kita asesor akan mengalami hambatan, tetapi kita punya alteratif dan mudah-mudahan tidak hambatan berarti. Mohon catatan kesulitan bisa menjadi masukan perbaikan sispena ke depan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga dirinya dari lubuk hati yang terdalam, mengucapkan terima kasih kepada asesor yang sudah menyiapkan diri dan begitu juga kepada S/M dalam persiapan Visitasi Daring.

Sementara itu Ketua BAN-SM Provinsi Jambi, H. Muhd. Saleh, MPd mengatakan bahwa pelaksanaan Visitadi Daring di Provinsi Jambi diikuti 80 S/M. Terdiri dari 1 SPK dan 79 sekolah/madrasah. “Pelaksanaan visitasi dibagi menjadi 3 sesi hingga berakhir pada 28 November 2020 mendatang,” aku Saleh. (kta)