Upaya Peningkatan Minat Baca Melalui Rumah Baca dan Kelas Inspirasi

Rabu, 25 November 2020 - 19:05:26 - Dibaca: 488 kali

Google Plus Stumbleupon


Program PHP2D FKIK Unja
Program PHP2D FKIK Unja / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) adalah hibah dari Universitas Jambi yang diamanahkan kepada mahasiswa dalam pelaksanaan programnya setelah melalui seleksi antarfakultas.

3B62B516-ADDC-49B4-83CD-C1CF3BC34500

 

C28A0ACD-C1ED-4FE8-9E29-C101C3D186FA

Pada program ini 15 tim yang lulus seleksi, salah satunya adalah program rumah baca ABDI (Asri, Baca, dan Inspirasi). Hibah ini diberikan untuk menumbuhkan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan PHP2D ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi yang berjumlah dua puluh orang, yaitu Emi Efrini sebagai ketua dan dengan anggota yaitu Yesi Nursofia, Anisya Persi, Monic Sri Cahnia, Lexi ayu setianingsih, Kiky Nabila, Lismiati, Try Rahmawati, Alfin Najaha Pratama, Sarah Dianora, Hanum Faradila, Nurhaliza, Sonia Anggia, Amalia Rani, Ririn Yosmarina, Mira Ovita, Nurul Zhikra, Ria Novia, I Kadek Susila dan Hafidzah Rizka. Kegiatan ini dibimbing oleh salah satu dosen Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Jambi, yaitu Yuliawati, S.Farm., M.Farm., Apt. Kegiatan ini diawali dengan launching rumah baca ABDI dan dilanjutkan beberapa seri kelas inspirasi secara online dan offline serta pendampingan belajar. Kelas inspirasi menghadirkan tenaga kesehatan yaitu dokter, apoteker, psikolog, perawat, kesehatan masyarakat dan dosen farmasi. Perintisan rumah baca dan kelas inspirasi sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca yang akan mempermudah dalam mencapai cita-cita.

Fasilitas yang disediakan rumah baca ini yaitu buku dan alat tulis, kebutuhan untuk penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta akses Wifi untuk memudahkan pembelajaran daring. Pendampingan belajar lebih dititikberatkan dengan metode bermain sambil belajar. Upaya pembentukan karakter yang baik sejak dini dengan menceritakan kisah nabi, bermain ular tangga anak sholeh dan permainan edukatif lainnya.
Selain program utama, kegiatan PHP2D ini juga mengenalkan hidroponik, tanaman obat dan membuat greenhouse untuk tempat pemeliharaan tanaman obat dan hidroponik. Anggota PHP2D langsung terjun ke lapangan bersama masyarakat untuk demonstrasi menanam tanaman obat dan praktik hidroponik. Tim PHP2D juga memberikan 35 paket kit hidroponik kepada masyarakat untuk praktik menanam dan pemeliharaan tanaman pak coy hidroponik.
Muslim selaku Kepala Desa Mendalo Indah sangat mendukung kegiatan ini. Salah satu contoh nyata adalah dengan menyediakan rumah beliau yang tidak ditempati untuk dijadikan rumah baca.
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini dapat berlanjut karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tandas Muslim. (yos)