Liverpool Imbang, Klopp Datangi Wasit: Anda Mencoba Menciptakan Tajuk Utama

Minggu, 29 November 2020 - 05:37:32 - Dibaca: 356 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

BRIGHTON—Hasil imbang dramatis di markas Brighton & Hove Albion sangat mengecewakan Juergen Klopp. Manajer Liverpool itu bahkan memutuskan untuk berjalan bersama wasit saat ke luar lapangan. Dia terlihat tersenyum ketika menyampaikan pendapatnya.

Klopp dalam wawancara menyebut keputusan wasit salah terkait penalti Brighton. “Anda mencoba menciptakan tajuk utama. Wasit meniup peluit. Anda selalu berusaha, sepanjang waktu. Hari ini saya katakan itu bukan penalti. Apa yang Anda ingin saya katakan? Saya katakan itu penalti karena wasit membunyikan peluit, setelah menontonnya,” ujarnya di BBC Live.


Terkait pertandingan, ia mengaku bangga pada anak asuhnya. “Saya tidak bisa lebih bangga kepada para pemain atas cara mereka bermain hari ini. Kami sedikit kesulitan di setengah jam pertama dan di babak kedua kami mengalami masalah dengan energi. Dalam situasi di sekitar gol, kami brilian. Gol Mo adalah gol yang brilian. Sundulan Sadio luar biasa. Semua bagus, ini hanya masa-masa sulit. Begitulah adanya,” jelasnya.



“Matt Phillips memainkan permainan yang luar biasa, jujur. Anda selalu membutuhkan sedikit keberuntungan untuk memenangkan pertandingan tandang yang sulit, tetapi hari ini kami tidak beruntung. Saya pikir tiga penyerang bermain bersama dengan sangat baik,” lanjutnya.

Pada pertandingan yang berlangsung Sabtu malam yang berakhir beberapa saat lalu, Liverpool yang turun dengan empat penyerang; Takumi Minamino, Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Diogo Jota menekan sejak awal.

Mereka mampu melakukan penguasaan bola hingga 67 persen. Namun, mereka kesulitan menembus rapatnya pertahanan tuan rumah. Bahkan, di menit ke-20, Liverpool nyaris tertinggal setelah Neco Williams melakukan pelanggaran terhadap Aaron Connolly.

Wasit pun menunjuk titik penalti. Beruntung bagi Liverpool, eksekusi penalti yang dilakukan Neal Maupay semenit kemudian gagal berbuah gol meski kiper The Reds, Alisson Becker sudah bergerak ke arah yang salah.

Liverpool balas membuat penggemar tuan rumah deg-degan di menit ke-35 ketika Mohamed Salah mampu menjebol gawang Mathew Ryan. Namun, setelah pemeriksaan VAR, gol tersebut dianulir lantaran Salah sudah lebih dulu dalam posisi offside.

Skor kacamata pun menutup paruh pertama. Secara umum, di babak pertama, Liverpool total melepaskan empat tembakan dengan satu on target. Sementara Brighton yang melakukan lima upaya sepanjang 45 menit sama sekali kali tidak mencatatkan tembakan tepat sasaran.

Kembali ke lapangan setelah istirahat, Liverpool yang langsung memasukkan sang kapten, Jordan Henderson menggantikan Williams masih menguasai pertandingan. Dan saat pertandingan sudah berjalan persis satu jam, anak asuh Juergen Klopp akhirnya mampu membuka keunggulan.

Gol tim tamu dilesakkan Diogo Jota. Menerima bola dari Mohamed Salah, Jota menunjukkan kehebatannya mengecoh pemain Brighton sebelum melepaskan tembakan mendatar yang tidak bisa diantisipasi Ryan.

Brighton mencoba merespons dengan memasukkan Adam Lallala menggantikan Aaron Connolly di menit ke-63 yang ditanggapi Liverpool dengan memainkan Sadio Mane untuk menggantikan Salah. Sayang, Lallana hanya mampu bermain delapan menit. Ia yang memang bermasalah dalam kebugaran kembali cedera dan harus digantikan Alireza Jahanbakhsh.

Sadio Mane mencetak gol kedua untuk Liverpool di menit ke-84. Akan tetapi, gol tersebut dianulir wasit Stuart Attwell karena penyerang mungil tersebut terlebih dulu terperangkap offside sebelum menjebol gawang Ryan.

Saat Liverpool sepertinya sudah akan memenangkan laga dengan keunggulan 1-0, Brighton mendapat hadiah penalti setelah Andrew Robertson melanggar Danny Welbeck. Kali ini, Pascal Gross yang maju sebagai algojo di menit ke-93 sukses menjalankan tugasnya. Skor 1-1 ini menjadi hasil akhir.

Dengan hasil ini, Liverpool mengoleksi poin 21 dan untuk sementara memimpin klasemen menggeser Tottenham Hotspur yang punya satu angka lebih sedikit. Sementara Brighton, mereka tertahan di peringkat 16 dengan poin 10. (amr)