Berkendara Saat Hujan, Awas Hipotermia Menyerang

Selasa, 01 Desember 2020 - 17:14:02 - Dibaca: 344 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Memasuki musim penghujan tahun ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara sepeda motor. Selain basah kuyup, berkendara disaat hujan juga akan menimbulkan dampak lainnya yang bisa berujung meningkatkan kemungkinan terjatuh, bahkan kecelakaan. Salah satu dampak dari berkendara saat hujan adalah Hipotermia.


Instruktur Safety Riding Honda Sinsen, Rudi Septiyadi mengatakan Hipotermia adalah suatu kondisi tubuh mengalami penurunan suhu yang drastis. Seorang dikatakan Hipotermia bila suhu tubuhnya berada di bawah 35°C. Pengendara motor yang kehujanan rentan terserang Hipotermia, sebab saat bekendara saat kehujanan mereka mau tak mau harus menggunakan pakaian yang basah dalam waktu yang lama.


Gejala Hipotermia yang perlu diketahui oleh seorang pengendara sepeda motor adalah tubuh gemetar, mual, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi dan rasa tidak nyaman, akan sangat berbahaya jika seorang pengendara sepeda motor mengalami hal tersebut, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.


"Idealnya adalah untuk tidak memaksakan diri berkendara disaat hujan, namun apabila ada hal yang  bersifat mendesak. Berikut tips aman berkendara saat berkendara, yang pertama adalah selalu gunakan perlengkapan berkendara, seperti helm, jaket, celana panjang, dan sepatu, yang kedua jika akan berpergian ke daerah pegunungan saat hujan, gunakan jaket tebal yang dapat memberikan rasa hangat pada tubuh, dan yang terakhir selalu gunakan jas hujan saat berkendara dalam hujan," ungkap Rudi.


Tetap perhatikan keselamatan saat berkendara apapun kondisinya, karena tanpa keselamatan, hal-hal yang berharga dalam hidup tak dapat kita temukan. (van)