SKK Migas PetroChina Dukung Pengembangan EkowisataSukorejo Betara

Rabu, 02 Desember 2020 - 06:22:59 - Dibaca: 630 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KUALATUNGKAL - Dalam rangka membangkitkan kembalidunia pariwisata Indonesia khususnya di Kabupaten TanjungJabung Barat Provinsi Jambi yang saat ini sedang lesu akibatpandemic, SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd melakukan program pendampingan kepada masyarakat denganmengangkat destinasi ekowisata di Kabupaten Tanjung JabungBarat khususnya di Kecamatan Betara Kelurahan Mekar Jaya.

Program pendampingan ini merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya yang telah dirintis sejak tahun 2018 sebagai bagian dari pengembangan daerah kelurahan MekarJaya – Kecamatan Betara menjadi suatu kawasan EkowisataSukorejo sebagai Kampung Kopi Liberika.

E6FAEFBD-4F4C-4B1C-A521-E53AE833017D

Sebagai daerah yang merupakan sentra perkebunan kopi liberikadi Tanjung Jabung Barat, kawasan  Kelurahan Mekar Jaya mempunyai sektor usaha perkebunan kopi dari hulu sampai hilir, mulai dari pembibitan, budidaya, pasca panen sampai usaha hilirgerai kopi, yang kemudian dikembangkan oleh Kelompok SadarWisata (Pokdarwis) Sukorejo dengan pendampingan dariPetroChina menjadi spot Ekowisata Sukorejo yaitu:

1. Gerai UMKM Mekar Jaya

2. Pembibitan Kopi Liberika Murdiyanto

3. Pengolahan Pasca Panen ‘Omah Kopi’ – Sido Muncul

4. Budidaya dan Pengolahan Pasca Panen Paristo

5. Pengolahan Pasca Panen Sri Utomo III

6. Pengolahan Pasca Panen Kopi Luwak ‘Luwak KembarALami’ Pak Supadi.

7. Galery Seni Syauqi Art

8. Budidaya Bonsai ‘Tambi Trubus’

Untuk mendatangi masing-masing spot wisata, pengunjungdapat menggunakan sepeda yang telah disediakan mulai dariGerai UMKM Mekar Jaya atau menggunakan kendaraan sendiridan bisa dipandu oleh anggota Pokdarwis Sukorejo.

Sebagai bagian dari program pendampingan EkowisataSukorejo, SKK Migas PetroChina mengadakan kegiatan denganmendatangkan para ahli pariwisata yang termasuk dalamorganisasi terkait pariwisata ke spot wisata di EkowisataSukorejo.

Dalam dua hari kegiatan yang dilaksanakan, tepatnya pada 28-29 November 2020. Ada banyak pakar atau ahli wisata menilaipariwisata yang telah di lakukan pendampingan oleh SKK Migas PetroChina. Hadir pada kegiatan Sabtu (29/11), parapeninjau ahli yang melakukan kunjungan adalah:

 

1. Dinas Pariwisata Prov Jambi.
2. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten TanjabBarat.
3. Badan Pelaksana Promosi Pariwisata Prov Jambi.
4. Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) ProvJambi.
5. DPD Asosiasi Pengusaha Travel Prov Jambi.
6. Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Prov Jambi.
7. Asosiasi Travel Agent Indonesia Prov Jambi.
8. ASITA (Asosiasi Industri Travel) Prov Jambi.
9. Forum General Manager Jambi.
10. Forum Asesor Pariwisata Prov Jambi.

Dari kunjungan ke spot-spot wisata yang dilakukan, KepalaDinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Olah Raga(Disparpora) Tanjab Barat, Otto Riadi, SE menyambut baikinisiatif dibuatnya Ekowisatayang dilakukan oleh SKK MigasPetroChina.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten mensupport usaha-usahamasyarakat sejak awal dengan adanya kawasan daerah wisataseperti ini tidak hanya menjadi wisata saja namun juga adawisata edukasi” ungkapnya dikonfirmasi disela sela kegiatan.

Otto Riadi menambahkan, “Dengan adanya Ekowisata Sukorejoini, maka promosi dari semua pihak seperti dari mulut ke mulut, kemudian digital promotion harus digalakkan”, untuk itu iamengucapkan selamat bagi masyarakat sini, menjadi yang pertama menjadi kawasan ekoeduwisata.

Sementara itu, Yudhi Irwanda Gani, Ketua Persatuan Hotel danRestoran Indonesia (PHRI) Provinsi Jambi, menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat daerah sekitar EkowisataSukarejo yang bisa mempersiapkan diri untuk berbicara tentangwisata di daerahnya, walaupun untuk tingkat provinsi, semuatentu mempersiapkan destinasi destinasi yang sekiranya dapatmeningkatkan kunjungan tujuan wisatawan-wisatawan baik itunusantara dan terlebih lagi mancanegara.

“Apa-apa yang sudah kita lihat di Sukorejo sini prinsip daripadapariwisatanya memenuhi, 3 A Aksesibilitas, Amenitas danAtraksi sudah cukup mumpuni.” ujarnya seusai mengunjungispot-spot wisata.

Yudhi Irwanda Gani, juga mengapresiasi dan berterima kasihkepada SKK Migas PetroChina yang telah memberikanpendampingan pada masyarakat dalam menyiapkan SumberDaya Manusia (SDM) dan spot-spot Ekowisata Sukorejo.  "Buatkawan disini untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanankepada tamu tamunya. Saya sudah rasakan, saya beri nilai 80 Sampai 90 karena juga dilengkapi kuliner khas daerah sini," demikian Yudhi Irwanda Gani menyampaikan.

Sementara itu, Ade Jermawinsyah Zebua sebagai pendampingprogram dan Perwakilan SKK Migas PetroChina menyampaikanterimakasihnya kepada para pemerhati wisata yang menyempatkan hadir. Ia berharap dari pembenahan danpendampingan yang dilakukan oleh Program CSR SKK MigasPetroChina  terjadilah satu rangkaian program, yang salahsatunya adalah penguatan 8 spot.

"Kita mengundang pemerhati  pariwisata dan berharap darikomponen-komponen ini yang kami anggap  adalah orang-orangyang berkompeten diharapkan memberi masukan terhadap apayang sudah kami lakukan, ada kritik dan saran dari teman-temanyang merupakan pelaku wisata," ujarnya dikonfirmasi seusaikegiatan.  

“Dengan diadakan acara seperti ini, sehingga daerah tujuanwisata yang didampingi SKK Migas PetroChina memang punyakualitas, sehingga daerah tujuan Ekowisata siap menjadi salahsatu andalan bagian dari pada pariwisata yang ada di daerahprovinsi Jambi, kami juga terus berkerja sama denganpemerintah dan semua pihak yang membantu untuk memajukanekonomi kerakyatan masyarakat, dan diharapkan tumbuhnyapendapatan masyarakat" tambahnya.

"Mungkin yang bisa saya sampaikan dengan segala kerendahanhati, kami berharap nanti ada kritikan dan masukan, karena kamiyakin dan sadar bahwa masih banyak kekurangan dan kami maumemperbaiki itu semua untuk kemajuan pariwisata kita disukorejo, " demikian disampaikannya menutup pembicaraan. (sun)