Bupati Kerinci Dukung Pendirian Pengadilan Agama Kerinci

Rabu, 02 Desember 2020 - 12:50:09 - Dibaca: 1932 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SUNGAI PENUH – Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci, mendukung penuh pendirian Pengadilan Agama di Kabupaten Kerinci.

Hal itu terungkap dalam acara ramah tamah antara Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi DR. Drs. H. Pelmizar, M.H.I, beserta rombongan dengan Bupati Kerinci DR. H. Adirozal, M.Si dan Forkompimda Kerinci, di Rumah Dinas Bupati Kerinci.

Bupati Kerinci, Adirozal, menyampaikan bahwa saat ini Pengadilan Agama Sungai Penuh memiliki 2 wilayah yurisdiksi, yaitu Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Secepatnya kata Bupati Kerinci dua periode ini, PA Kabupaten Kerinci harus berdiri.

Hal itupun beralasan, perkara di PA Sungai Penuh 70 persennya adalah dari Kabupaten Kerinci, sehingga selaku Bupati Kerinci mendukung penuh pendirian PA Kabupaten Kerinci.

Ia menyampaikan, pada tahun 2015 yang lalu, ia juga pernah memberikan rekomendasi diajukan pendirian PA Kerinci. Namun, saat itu belum berhasil. Saat ini sambungnya, harapan besar Pemerintah daerah Kabupaten Kerinci, PA Kerinci dapat terwujud.

Tak tanggung-tanggung, Pemkab Kerinci kata Bupati dua periode ini siap menyediakan lahan untuk dibangunnya PA Kerinci dan membantu fasilitas lainnya demi terwujudnya pembangunan PA Kerinci.

Sementara itu, Ketua PTA Jambi, DR. Drs. H. Pelmizar, M.H.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Provinsi Jambi terdapat 11 Kabupaten dan Kota, namun untuk jumlah Pengadilan Agama hanya ada 10 Pengadilan Agama.

Dijelaskan orang nomor satu di PTA Jambi ini, hanya Kabupaten Kerinci yang belum memiliki Pengadilan Agama, karena pemekaran yang terjadi pada tahun 2008 yang lalu, Kabupaten Kerinci mekar menjadi 2 wilayah yaitu Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, sedangkan PA Sungai Penuh berada di wilayah Kota Sungai Penuh, maka PA Kabupaten Kerinci lah yang harus didirikan.

Tidak hanya itu saja, Ketua PTA Jambi mengatakan kerjasama antara PA Sungai Penuh, PTA Jambi dan Pemkab Kerinci sangat dibutuhkan demi membangun PA Kerinci. “Kita (PTA Jambi.red) bersama-sama dengan Pak Bupati Kerinci ke Mahkamah Agung RI untuk menyampaikan usulan pendirian PA Kerinci,” ucapnya.

Ditambahkan Ketua PTA Jambi, dirinya optimis dengan dukungan penuh Pemkab Kerinci maka PA Kerinci akan segera berdiri dalam waktu yang tidak begitu lama. “Insya Allah dalam waktu dekat ini PA Kerinci akan segera berdiri, kerjasama yang baik antara PA Sungai Penuh, PTA Jambi, dan Pemkab Kerinci adalah kunci utamanya,” sebutnya.

Ia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Kerinci yang telah merespon dan menyampaikan dukungannya secara terbuka di hadapan Forkompimda, serta tamu undangan dalam rangka silaturami di ranah Kerinci.

Usai silaturahmi tersebut, Ketua PA Sungai Penuh, Asrori Amin, S.H.I., M.H.I kepada Jurdilaga PA Sungai Penuh menyampaikan bahwa PA Sungai Penuh siap bahu membahu untuk mewujudkan pendirian PA Kerinci. Menurutnya dengan jumlah perkara yang diterima PA Sungai Penuh dari 2 wilayah yurisdiksi yaitu Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci saat ini mencapai lebih dari 800 perkara, sudah selayaknya dibangun 1 PA lagi yaitu PA Kerinci.

“PA Sungai Penuh siap bersama Pemkab Kerinci untuk mewujudkan pendirian PA Kerinci, dalam waktu dekat usul pendirian PA Kerinci kita kirim ke PTA Jambi dan kita upayakan bersama Pak Bupati serta Ketua PTA Jambi berangkat ke Jakarta menyampaikan ke Dirjen dan Sekretaris Mahkamah Agung RI agar PA Kerinci segera terwujud,” tegas Asrori Amin, S.H.I., M.H.I.(adi)