Seribu Lebih TPS Rawan di Pilkada 2020, Terbanyak di Kabupaten Batanghari

Kamis, 03 Desember 2020 - 13:14:00 - Dibaca: 606 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi menyebut, sebanyak 1.181 Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Jumlah itu dari total 8.236 TPS yang tersebar di 11 Kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrul Rozi menyampaikan, TPS rawan itu terbanyak berada di Batanghari. "Tujuan pemetaan TPS rawan ini sebagai langkah perbaikan untuk mengurangi terjadinya potensi pelanggaran di hari pemungutan dan perhitungan suara," kata Fachrul Rozi.

Selain itu, juga untuk menyediakan data analisis untuk menyusun strategi pencegahan pelanggaran pemilihan di tahapan pemungutan dan penghitung suara.

Fachrul Rozi menyebut, indikator TPS dikatakan rawan di antaranya yang pertama memiliki sejarah pelanggaran dengan jumlah tinggi. Kedua menjadi wilayah/domisili paslon tim kampanye dan relawan.

Selanjutnya, ketiga DPT-nya bermasalah atau tidak akurat. Keempat pemilihnya banyak tak dirumah saat pencoblosan. Kelima lokasi TPS sulit dijangkau pemilih dan keenam TPS yang lokasinya dilanda bencana alam atau gangguan keamanan.

"Banyak TPS berpotensi banjir itu salah satunya. Di Kota Jambi itu ada di Kecamatan Jambi timur, Danau Sipin dan Telanai. Di Sarolangun ada yang rawan longsor, di Batang Asai dan Limun," sebutnya.(aiz)

Ini rincian data TPS rawan di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi:

Kota Sungai Penuh 60 TPS

Tanjab Timur 67 TPS

Batanghari 253 TPS

Sarolangun 50 TPS

Tanjab Barat 213 TPS

Bungo 50 TPS

Tebo 75 TPS

Merangin 61 TPS

Kerinci 52 TPS

Muaro Jambi 168 TPS

Kota Jambi 132 TPS

Sumber: Bawaslu Provinsi Jambi