Hasil Survei Indo Barometer, Ini 5 Indikator Kemenangan Fachrori-Syafril di Pilgub Jambi

Sabtu, 05 Desember 2020 - 05:06:29 - Dibaca: 914 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Lembaga survei Indo Barometer mengeluarkan rilis hasil survei terkait kontestasi politik Pemilihan Gubernur (Pgub) Jambi Desember mendatang.

Dalam hasil survei tersebut, elektabilitas pasangan nomor urut 2 Fachrori-Syafril menempati posisi teratas dan ungguli dua rivalnya yakni berada diangka 39,3 persen dengan pertanyaan terbuka.

Sementara pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh diangka 31,3 persen dan pasangan Haris-Sani diangka 23,3 persen. Sedangkan yang menjawab rahasia 0,2 persen, belum menentukan 4,0 persen dan tidak tahu atau tidak jawab 2,0 persen.

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto menyebutkan, setidaknya ada lima indikator mengapa pasangan Fachrori-Syafril diprediksi bisa memenangkan kontestasi politik Pilgub Jambi Desember mendatang berdasarkan hasil survei ini.

"Pertama tingkat elektabilitas gubernur dan juga wakil gubernur unggul dari kandidat lainnnya. Kemudian juga berpasangan juga unggul," jelasnya.

Kedua, lanjut Hadi, dukungan terhadap pasangan FU-Syafril merata hampir di semua daerah. "Pengalaman kita, itu terbukti. Kita sudah pernah survei di Jambi, polanya hampir sama. Siapa calon yang merata unggul di sejumlah daerah, akan menang," tegasnya.

Kemudian ketiga, kepribadian Fachrori Umar juga unggul dari calon lain. "Empat, FU-Syafril didukung Capres paling populer saat ini yakni Prabowo dan terakhir Swing Voter sangat sedikit sekali," tukasnya. (wan)