Markas Napoli Resmi Berganti Nama: Stadion Diego Armando Maradona

Sabtu, 05 Desember 2020 - 07:21:34 - Dibaca: 384 kali

Google Plus Stumbleupon


Foto semasa hidup Diego Armando Maradona ketika membal Napoli.
Foto semasa hidup Diego Armando Maradona ketika membal Napoli. / Jambi Ekspres Online

NAPLES – Dewan Kota Napoli akhirnya menyetujui perubahan nama Stadion San Paolo menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Pergantian nama markas klub Serie A Italia, Napoli ini sebagai bentuk penghormatan kepada legenda klub, Maradona yang meninggal pekan lalu, 25 November.

Dikutip Pojoksatu.id dar Goal Internasional, Dewan kota Napoli dengan suara bulat menyetujui resolusi yang akan mengubah nama stadion kandang Napoli dari Stadio San Paolo menjadi Stadio Diego Armando Maradona.

Resolusi itu diajukan oleh walikota Napoli, Luigi De Magistris hanya beberapa jam setelah berita bahwa Maradona meninggal dunia pada usia 60 minggu lalu.

 

Maradona adalah sosok yang dihormati di Napoli setelah memimpin klub kota itu meraih dua gelar Serie A selama tujuh tahun bersama Napoli dari 1984 hingga 1991.

“Dengan bakat luar biasa dan keajaibannya, dia menghormati jersey Napoli selama tujuh tahun, memberikannya dua kejuaraan bersejarah dan piala bergengsi lainnya, dan menerima sebagai imbalan dari seluruh kota cinta abadi dan tanpa syarat,” demikian pernyataan dewan.

Pernyataan itu juga mencatat hubungan yang dimiliki kota kelas pekerja itu dengan Maradona, yang dibesarkan dalam kemiskinan di negara asalnya, Argentina. Tepatnya, Kota Buenos Aires.

“Melalui kemenangan sepak bola juara Argentina, bukan hanya tim Napoli yang menang, tetapi seluruh kota, yang sepenuhnya mengidentifikasi dirinya,” tulisnya.

“Selalu berada di pihak yang paling lemah dan rakyat jelata, Maradona melawan prasangka dan diskriminasi yang masih dialami oleh orang-orang Napoli di dalam stadion. Ia menjadi idola seluruh kota.”

Napoli memiliki kesempatan untuk memberikan penghormatan kepada Maradona pekan lalu selama pertandingan Liga Europa melawan Rijeka di kandang. Kapten Lorenzo Insigne meletakkan karangan bunga sebelum kick-off, sementara tim Napoli berbaris dengan seragam ‘Maradona 10’.

Setelah pertandingan, yang dimenangkan Napoli 2-0, penyerang Dries Mertens mengatakan kepada Sky Sport Italia: “Itu adalah momen yang mengerikan bagi saya, jadi saya hanya bisa membayangkan bagaimana perasaan mereka yang menjalani waktunya di Napoli.

“Dia membuat pengaruh besar di kota ini dan untuk semua orang di selatan Italia. Saya ingin menjadi positif, dan fokus pada kenangan saya tentang seorang pria tersenyum yang mencintai sepak bola. Sulit untuk mengenakan seragam itu. Dalam beberapa hal. , itu selalu mimpi, tapi tidak seperti ini. ”

 

Adapun langkah terakhir dalam perubahan nama stadion San Paolo menjadi Stadion Diego Armando Maradona tinggal pengesahan dari pihak pemerintah provinsi Napoli. Proses itu dianggap sebagai formalitas saja karena sudah disetujui dewan kota.

 

(fat/pojoksatu)

Sumber: www.pojoksatu.id