Bagi Kelompok Sadar Wisata di Kota Jambi dan Batanghari

Disbudpar Sosialisasikan Penerapan Protokol Covid-19.

Sabtu, 05 Desember 2020 - 10:12:10 - Dibaca: 289 kali

Google Plus Stumbleupon


Pemberian cinderamata kepada Kelompok Sadar Wisata
Pemberian cinderamata kepada Kelompok Sadar Wisata / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi telah melaksanakan road show Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 bagi Kelompok Sadar Wisata ke dua daerah dalam Provinsi Jambi. Pada tanggal 2 Desember dilaksanakan sosialisasi di Kota Jambi dan tanggal 3 Desember di Kabupaten Batanghari, dimana masing-masing sosialisasi ini melibatkan Kelompok Sadar Wisata di masing-masing daerah, dengan jumlah peserta 140 di setiap daerah yang dikunjungi.

 2A_81

Foto bersama

Kabid Pengambangan Destinasi Disbudpar Provinsi Jambi, Lies Indriani mengatakan, Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang yang mengalami kejenuhan, akibat penerapan pembatasan sosial. Ketika pandemi Covid-19 ini berlalu nantinya dan aktivitas dibuka secara bertahap, maka yang akan pertama dilakukan oleh banyak orang yaitu mengunjungi destinasi wisata.

3A_79

Kabid Pengambangan Destinasi Disbudpar Provinsi Jambi, Lies Indriani bersama nara sumber Ir. Guntur saat pelaksaan sosialisasi penerapan protokol Covid-19

Untuk menghadapi hal tersebut, perlu kesiapan yang dilakukan oleh pihak Kelompok Sadar Wisata, terutama dalam hal memberikan kepercayaan memastikan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru yang biasa disebut New Normal. "Untuk itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mengadakan kegiatan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Bagi Kelompok Sadar Wisata," sebutnya.

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 atau Protokol CHSE (Clean Liness, Healthy, safety, and Enviromental Sustainable) bagi Kelompok Sadar Wisata perlu dilakukan guna meningkatkan kembali kepercayaan wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu destinasi wisata. Dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, kedisiplinan dan kepedulian sesama dapat menumbuhkan citra destinasi wisata Provinsi Jambi. “Dengan mengedukasi Kelompok Sadar Wisata melalui kegiatan ini, diharapkan nanti dapat membangun kepercayaan wisatawan lokal dan internasional,” sebutnya.

4A_71

Pemberian baliho kampanye penerapan protokol Covid-19 kepada Kelompok Sadar Wisata

Lies menambahkan, kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan peran masyarakat dalam pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di destinasi wisata. Selain itu, juga dimaksudkan agar dapat terciptanya desa wisata/kampung wisata baru sehingga dapat meningkatkan kualitas dari daya tarik wisata yang sudah ada selama ini, serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dari segi pariwisata. Karena hal tersebut adalah salah satu tujuan dari pembangunan kepariwisataan. "Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk membentuk sebuah wadah yang dapat mengatur, menata dan memberdayakan masyarakat di sekitar daya tarik wisata agar lebih terarah dalam mengembangan potensi-potensi pariwisata yang ada di daerahnya,”imbuh lies. (kar)