Bertujuan Kurangi Penularan, Angka Kematian Covid-19 dan Ciptakan Kekebalan Kelompok (Herd Imunity)

Pencanangan Vaksinisasi Covid-19 Tingkat Provinsi Jambi Sukses Digelar

Jumat, 15 Januari 2021 - 09:44:22 - Dibaca: 411 kali

Google Plus Stumbleupon


Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melakukan pencanangan vaksinasi covid-19 di Provinsi Jambi
Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melakukan pencanangan vaksinasi covid-19 di Provinsi Jambi / Jambi Ekspres Online

JAMBI – Pencanangan vaksinisasi Covid-19 tingkat Provinsi Jambi sukses dilaksanakan pada Kamis (14/1). Bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi. Pencanangan Vaksinisasi Covid-19 dilakukan oleh  Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum.

Dalam laporannya sebagai penanggung jawab kegiatan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Raflizar,SKM,M.Kes mengatakan, Provinsi Jambi telah menerima vaksin Covid-19 pada 4 Januari 2021 sebanyak 20 ribu dosis, dan tanggal 13 januari 2021 sebanyak 11.200. Untuk tahap awal distribusi vaksin dilakukan ke Kota Jambi sebanyak 14.240 dosis dengan sasaran 6.992 jiwa. Lalu Kabupaten Muaro Jambi sebanyak 3.400 dosisi dengan sasaran 1.695 jiwa. “Pemberian vaksin Covid-19 dilakukan 2 kali setiap orang dengan jarak 14 hari,” ujarnya di hadapan Forkopimda Provinsi Jambi dan peserta vaksinisasi.

6A_36

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Saat Menerima Kartu Vaksin Covid-19

Pada tahap awal pemberian vaksin Covid19 dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes) dan nakes lainnya, baik di Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas dan Puskesmas Pembantu. “Pemberian vaksin Covid-19 ini diberikan kepada masyarakat dengan pungutan apapun alias gratis,” tegasnya.

7A_25

Jajaran panitia dari pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Jambi

Terdapat beberapa tujuan utama vaksinisasi Covid-19. Yakni mengurangi transmisi/penularan Covi-19. LAlu menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19. “Selanjutnya mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity), serta melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial ekonimi,”kata Raflizar.

8A_17

Penyuntikan Vaksin Covid-19 Kepada Kapolda Jambi Irjen Pol A.Rachmad Wibowo

Ia merincikan, fasilitas kesehatan yang melaksanakan vaksinisasi adalah Puskesmas, rumah sakit atau unit pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). “Saat ini faskes telah siap melaksanakan vaksinisasi dengan tenaga terlatih.Telah kita latih vaksinator tahap awal sebanyak 468 orang, tahap kedua sebanyak 520 orang, tahap ketiga 420 orang dengan nilai total nantinya akan kita latih sebanyak 1.460 orang,” katanya.

9A_8

Penyuntikan Vaksin Covid-19 Kepada Danrem 042 Gapu Brigjen TNI M.Zulkifli

Untuk pencanangan tahap awal (14/1), vaksinisasi diberikan kepada 22 orang dengan rincian TNI/Polri sebanyak 4 orang, Pemprov Jambi 3 roang, Kejati Jambi 1 orang, BNN Provinsi Jambi 1 orang, tokoh agama 3 orang, Profesi 6 orang, BIN Daerah 1 orang, Kepala OPD 3 orang.    

10A_5

Sekda Provinsi Jambi menunjukkan Kartu Vaksin Covid-19

Pada pencanangan (14/1) Raflizar menyebut ada tambahan peserta yang ikut divaksin. Hal ini juga sesuai dengan vaksin yang disiapkan sebanyak 25 hingga 30 dosis."Ia, ada tambahan dari perwakilan masyarakat dan pengusaha, mereka kita rekomendasikan untuk ikut sebagai perwakilan tokoh masyarakat agar nantinya masyarakat mau ikut divaksin," tambahnya.

11A_3

Penyuntikan Penyuntikan Vaksin Covid-19 Kepada Wakil Ketua DPRD Rocky Candra 

Selebihnya Raflizar mengimbau, semua masyarakat Jambi mengikuti vaksinasi, guna menyukseskan vaksinasi Covid-19 nasional. “Mari lindungi diri lindungi negeri, jangan ragu jangan khawatir vaksin tidak berbahaya, saya akan divaksin duluan dan seluruh petugas kesehatan sebagai garda terdepan juiga akan ikut divaksin,” sampainya.

Sementara itu Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum yang melakukan pencanangan mengatakan secara sinergis dengan Pemerintah Pusat, Forkopimda Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, serta semua pihak terkait, telah mempersiapkan segala sesuatunya. “Alhamdulillah, penyuntikan vaksin Covid-19 tahap pertama di Provinsi Jambi berlangsung lancar, semoga seluruh tahap vaksinisasi berikutnya juga lancar,” ujarnya.

Fachrori tak lupa mengucapkan terima kasih kepada vaksinator dan para medis serta semua pihak yang berkontribusi demi terlaksananya penyuntikan vaksin Covid-19 hari ini. Meskipun sudah mulai melaksanakan vaksinasi, namun kita harus tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19. “Jangan sampai lengah menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak, itu harus benar-benar sama-sama kita jadikan sebagai kebiasaan baru,” jelasnya.

Pada pelaksanaan vaksinisasi tampak Kapolda Jambi Irjen. Pol A.Rachmad Wibowo dan Komandan Korem (Danrem) 042 Garuda Putih Brigjen TNI M.Zulkifli melakukan vaksin perdana. “Ini upaya pemerintah hentikan covid, kita himbau masyarakat ikut divaksin bisa mereduksi (stop) penyebaran covid di Jambi dan Indonesia umunya,” ujar Danrem saat usai divaksinasi.

Sedangkan Kapolda Jambi menyampaikan masyarakat harus percaya pada pemerintah dan dokter yang menyuntikkan vaksin ini, untuk meningkatkan hasil yang terbaik meningkatkan daya tahan tubuh. “Sehingga nantinya tidak mudah terinfeksi Covid19, yang penting nantinya setelah divaksin juga jangan tinggalkan protokol kesehatan nantinya setelah divaksin,”tegasnya.

2A_95

Laporan Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Raflizar,SKM,M.Kes

Tampak peserta lain seperti Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH, Kepala Biro Hukum Ali Zaini,SH,MH, Plt Kepala Dinkes Provinsi Jambi Raflizar,SKM,M.Kes, lalu Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra dan Pinto Jayanegara juga ikut disuntik vaksin. Usai divaksin Rocky Candra menegaskan tujuna dilakukan vaksin ini untuk memutus mata ranta penyebaran Covid-19."Tidak ada gejala apa-apa, ini tujuannya juga baik, untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19," jelasnya.

3A_92

Penyuntikan Vaksin Covid-19 Kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman,SH.MH

4A_85

Peserta Pencanangan MEndengarkan Sambutan Gubernur Jambi

5A_57

Penyuntikan Vaksin Covid-19 Kepada Plt Kadinkes Provinsi Jambi Raflizar,SKM,M.Kes

Sementara Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara mengatakan, masyarakat tak perlu takut karena vaksin suci dan halal. "Vaksin ini layak digunakan. Kita yakin pada MUI, BPOM dan dokter," sampainya.

Selain itu Pinto berpesan untuk pemerintah pusat agar melanjutkan uji klinis untuk kategori umur lainnya. "Saya harap Pemerintah segera mengadakan uji klinis untuk umur dibawah 18 tahun," pesannya.

Para peserta melewati tahapan registrasi pendaftaran peserta, cek kesehatan, penyuntikan, dan observasi melihat reaksi vaksin selama 30 menit di audiritorium rumah dinas gubernur. Hingga acara selesai vaksinasi berjalan lancar, dan direncanakan 28 Januari mendatang peserta akan kembali divaksin lanjutan kedua kalinya. (aba/adv)