Gabus Pucung Khas Betawi kini hadir di ASTON Jambi

Rabu, 20 Januari 2021 - 17:01:22 - Dibaca: 273 kali

Google Plus Stumbleupon


ASTON Jambi Hotel & Conference Center, the most trusted hotel in the Archipelago.
ASTON Jambi Hotel & Conference Center, the most trusted hotel in the Archipelago. / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Ikan merupakan salah satumakanan yang dikenal lezat dan bergizi baik. Beberapa literatur menyebutkan, ikan gabus ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan manusia.

Peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuktikan, ekstrak ikan gabus dapat menjadi obat penyakit diabetes. Ekstrak ikan gabus diketahui dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang rusak. Kerusakanjaringan pankreas sendiri, dapat menyebabkan terjadinyahiperglikemik atau kadar gula berlebih dalam darah.

Gabus pucung merupakan salah satu jenis makanan khas Betawi yang kian hari kian langka dengan bahan utama ikan gabus. Dalam proses memasaknya menggunakan banyak rempah dan wajib menggunakan ikan gabus pilihan. Cukupdengan merogoh kocek Rp. 225.000 ++ Anda sudah dapatmenikmati paket makan ini untuk 4 orang, yang terdiri darinasi putih, 1 Paket Gabus Pucung, Tempe Mendoan, Ikan Asin Bulu Ayam, Lalapan Sambal Terasi, Tumis Teri, Kerupuk Emping, Bir Pletok / Es Teh, serta aneka kue pancung. 

Gabus pucung adalah sajian ikan berkuah hitam yang miripseperti kuah rawon. Dengan citarasa asin, gurih, dan pedas cukup dominan. Gabus pucung tercatat sebagai salah satu dari96 warisan budaya Indonesia dan satu dari delapan warisan yang berasal dari DKI Jakarta. Gabus pucung merupakan lauk sekaligus sayur untuk teman menyantap nasi.

Gurih kuahnya berasal dari bumbu kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, daun salam, dan buahpucung (kluwek). Sebagai penghias warna lain, biasanya berupa cabe utuh dan daun bawang yang dipotong kecil sertasereh. Gabus pucung sangat nikmat disantap bersama nasi putih hangat”,ujar Andi Wahyudi selaku Executive Chef.

Tentang Archipelago International.

Grup manajemen hotel swasta dan independenterbesar di Asia Tenggara, yang mengoperasikanlebih dari 150 hotel dengan lebih dari 50 hotel lainnya sedang dalam pengembangan di Asia Tenggara, Karibia, dan Timur Tengah. Hotel tepercaya dengan rekam jejak panjang dan 20.000 kamar di lebih dari 60 tujuan dengan merektermasuk ASTON, Collection by ASTON, The Alana, Huxley, Kamuela, Harper, Quest, NEO, favehotels, dan Nordic.archipelagointernational.com .(van)