Fakultas Sains Dan Teknologi UIN STS Jambi Terapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Selasa, 02 Maret 2021 - 14:00:21 - Dibaca: 639 kali

Google Plus Stumbleupon


Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN STS Jambi, Iskandar, S.Ag., M.Pd.,M.S.I.,Ph.D
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN STS Jambi, Iskandar, S.Ag., M.Pd.,M.S.I.,Ph.D / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Dalam rangka persiapan pelaksanaan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi, kemarin (1/4) menggelar seminar nasional reformulasi kurikulum, di hadiri langsung Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN STS Jambi, Iskandar, S.Ag., M.Pd, MSi, Ph.D dan Wakil Dekan 1, Dr. Tanti, M.Si.

WhatsApp Image 2021-03-02 at 13.51.01

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN STS Jambi, Iskandar, S.Ag., M.Pd.,M.S.I.,Ph.D dan Wakil Dekan 1, Dr. Tanti, M.Si.

“Ini penting dilaksanakan guna mendiskusikan tentang rancangan dan cara mengimplementasikan kurikulum MBKM khususnya di Fakultas Sains dan Teknologi,” jelas Dekan Sains dan Teknologi UIN STS Jambi, Iskandar, S.Ag, M.Pd, M.S.I, Ph.D saat membuka kegiatan.
Kegiatan ini diikuti secara offline dan online. Dimana peserta offline hanya dihadiri perwakilan dosen dan perwakilan mahasiswa setiap program studi yang ada di FST UIN STS Jambi dan peserta online di hadiri dosen, mahasiswa dan umum dengan jumlah peserta 150 orang.

WhatsApp Image 2021-03-02 at 13.51.11

Peserta seminar nasional

Guna memberikan pemahaman yang baik tentang MBKM, FST UIN STS Jambi menghadirkan narasumber yang berkaitan dengan prodi masing-masing yang mana outputnya adalah semua prodi Kimia, Fisika dan Sistem Informasi sudah memiliki cara pandang yang sama tentang kebijakan kurikulum kampus merdeka.
Narasumbernya, antara lain Drs. Abdul Basid, M.Si dengan materi Implementasi Kurikulum MBKM di PTKIN, Drs. M. Abdul Khadir M.,M.S.,Ph.D dengan materi Penerapan Kurikulum MBKM di Prodi Kimia, Tony Dwi Sussanto, ST.,MT.,Ph.D dengan materi Pengembangan Kurikulum MBKM, Prosedur Konversi MK, Pengakuan Kredit Capaian Pembelajaran, OBE, dan Peta Kurikulum. Dengan moderator Melda Tapiska,M.Si. Riski Dwi Malida P,M.Si, Andreo Yudertha,M.Eng.

WhatsApp Image 2021-03-02 at 13.51.23

Suasana kegiatan Webinar yang digelar Fakultas Sains dan Teknologi UIN STS JAMBI

“Kita sudah lakukan kerjasama dengan berbagai Universitas yang memiliki Fakultas Sains dan Teknologi dan hari ini bentuk wujudnya kita akan tuangkan kedalam dokumen dan akan kita implemetasikan sehingga dosen dan mahasiswa wajib menjalankan kebijakan yang akan ditetapkan,” kata Iskandar, S.Ag., M.Pd.,M.S.I.,Ph.D.
Untuk diketahui, saat ini tahun ini 3 program studi Kimia, Fisika dan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi akan mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dimana semester depan Fakultas Sains dan Teknologi akan memiliki mahasiswa baru dan mahasiswa yang sudah semester 5 karena untuk MBKM ini akan mulai dilaksankan, berhubungan dengan implementasi kerjasama praktek kerja atau kuliah praktek yang memang dituntut untuk membangun skil dari dosen dan mahasiswanya.
Saat ini Fakultas Sains dan Teknologi sudah memiliki kebijakan kurikulum kampus merdeka dan akan segera mengimplementasikan dengan menyesuaikan kampus - kampus lain yang sudah menerapkan.
“Pastinya kita menghadrikan narasumber yang berkompeten karena kita ingin menyiapkan diri untuk menerapkan MBKM yang sudah menjadi kebijakan nasional.,” kata Hesti Riany, Ketua Panitia kegiatan.
Fakultas Sains dan Teknologi membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk bergabung menjadi bagian dengan mendaftar di tiga program studi yang dimiliki, antara lain Kimia, Fisika dan Sistem Informasi. (uci)