POLTEKKES KEMENKES JAMBI

Ciptakan Lulusan Siap Kerja

Jumat, 05 Maret 2021 - 11:11:09 - Dibaca: 277 kali

Google Plus Stumbleupon


Direktur Poltekkes Kemenkes Jambi, Rusmimpong.S.Pd,M.Kes
Direktur Poltekkes Kemenkes Jambi, Rusmimpong.S.Pd,M.Kes / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Sedang mencari tempat melanjutkan pendidikan setelah tamat dari SLTA (SMA, MAN, SMK), Poltekkes Kemenkes Jambi bisa jadi jawabnnya. Merupakan satu-satunya institusi pendidikan kesehatan Tertua,Terbesar milik Pemerintah/Negeri di Provinsi Jambi ditambah dengan produk lulusan yang sudah tersebar di berbagai bidang baik di instansi pemerintah ataupun swasta di Provinsi Jambi bahkan luar Provinsi Jambi dan Luar Negeri.
“Berdiri sejak 2001, Poltekkes Kemenkes Jambi sudah memiliki 5.968 lulusan dan pada tahun 2020 yang lalu telah meluluskan 614 lulusan,” jelas Direktur Poltekkes Kemenkes Jambi, Rusmimpong.S.Pd,M.Kes, yang ditemui di ruangannya beberapa waktu lalu.

AA478

Kampus yang sangat strategis di Pusat Kota Jambi yaitu di daerah komplek Perkantoran Kota Baru dan Buluran Telanaipura Jambi

Dimasa pandemi saat ini, lulusan Poltekkes Kemenkes Jambi banyak menjadi garda terdepan, terutama dalam penangan covid 19 dan palayanan kepada masyarakat dalam mencegah terjadinya penyebarluasan covid 19 khususnya di Provinsi Jambi.    Selain memiliki lulusan yang siap berkompetisi dibidangnya, Poltekkes Kemenkes Jambi juga memiliki lokasi kampus yang sangat strategis di Pusat Kota Jambi, dimana saat ini memiliki dua klaster kampus di daerah komplek Perkantoran Kota Baru dan di Buluran Telanaipura Jambi.
Bahkan pada tahun 2022 yang akan mengembangkan kampus dengan masterplan yang sangat representatif dan Kelembagaan berupa Penambahan Prodi Baru Sarjana Terapan Gizi Klinis dan Diatetik, Diploma III Gizi Kesmas  serta Program Pasca Sarjana Magister Terapan Kesehatan Masyarakat (S2). “Saat ini kita memiliki 7 jurusan dan 14 program studi, mulai dari Diploma tiga yang terdiri dari jurusan keperawatan, kebidanan, sanitasi Lingkungan, kesehatan gigi, teknologi laboratorium medik, farmasi. Sarjana Terapan dengan jurusan keperawatan, kebidanan, terapi gigi, sanitasi lingkungan, promosi kesehatan, teknologi laboratorium medik dan program studi Profesi terdiri dari pendidikan Profesi  Ners dan  Pendidikan Profesi bidan,” tambah Rusmimpong.
Untuk tahun 2021 ini, Poltekkes telah membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin bergabung, dimana ada beberapa jalur penerimaan, antara lain jalur penelusuran minat dan prestasi (PMDK) pendaftaran dimulai dari 25 Januari – 26 Maret, Jalur Keluarga Kurang Mampu/miskin (Gakin) pendaftaran dimulai dari 25 Januari – 26 Maret, SIPENMARU Bersama (SIMAMA) pendaftaran pada 22 Februari – 17 April dan jalur SIPENMARU Mandiri (SIMAMI) pendaftaran pada 7 – 25 Juni.
Selain itu, Poltekkes Kemenkes Jambi tahun 2021 ini juga membuka program alih jenjang dari D3 menjadi S1 atau D4, seperti D3 keperawatan menjadi sarjana terapan keperawatan dan D3 lainnya. Bahkan yang baru buka tahun 2021 ini adalah alih jenjang untuk D3 Sanitasi menjadi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan. “Ini sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan lulusan kita yang sudah bekerja, seperti sebelumnya lulusan D3 bisa melanjutkan ke sarjana terapan,” tambah Direktur Poltekkes Kemenkes Jambi.
Bukan hanya itu, Poltekkes Kemenkes Jambi saat ini juga melaksanakan sistem pembayaran kuliah dengan menggunakan UKT sehingga biaya perkuliahan sangat terjangkau. “Ayo kuliah di Poltekkes Kemenkes Jambi, Biayanya terjangkau, Dosen berpengalaman dan pastinya Siap kerja setelah tamat,” tutup Rusmimpong. (uci)