Rookie Martin Pole, Rossi Ngeluh Start ke-21 di Balapan ke-2 MotoGP Malam Ini

Minggu, 04 April 2021 - 09:54:47 - Dibaca: 296 kali

Google Plus Stumbleupon


Jorge Martin/Crash
Jorge Martin/Crash / Jambi Ekspres Online

LOSAIL—Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin membuat kejutan besar di balapan kedua MotoGP 2021 yang akan kembali digelar di Sirkuit Losail, Qatar, malam nanti. Rider muda itu akan start terdepan setelah mengalahkan catatan waktu rekan setimnya di Pramac Ducati, Johann Zarco dan pemenang balapan pertama, Maverick Vinales.

Grid kedua juga dikuasai Ducati di mana ada Jack Miller dan Francesco Bagnaia di posisi start keempat serta keenam. Sementara Fabio Quartararo dari Monster Yamaha akan memulai balapan dari posisi kelima.

Valentino Rossi sementara itu akan start dari posisi ke-21, posisi kualifikasi terburuknya di kelas utama. Dan sepertinya pembalap Petronas Yamaha asal Italia itu sangat kecewa dengan hasil kualifikasi ini.

Rossi memulai akhir pekan dengan berupaya mencari jawaban atas masalah "overstress" ban belakang yang membuatnya turun ke posisi kedua belas dalam balapan hari Minggu lalu. Tapi perubahan yang dilakukan tampaknya menjadi bumerang. Rossi tidak hanya dalam ‘banyak masalah’ untuk kecepatan tetapi sekarang juga sudah kehilangan kecepatan satu lapnya.

Rossi, yang mencatatkan waktu 1 menit 53.114 detik untuk start di tempat keempat Minggu lalu, hari ini tidak bisa lebih baik dari 1 menit 54.881 detik. “Hari yang sangat sulit, karena saya tidak pernah kuat,” kata Rossi di Crash.

“Kami mencoba meningkatkan perasaan dengan ban belakang tetapi saya sangat menderita. Saya memiliki cengkeraman yang kurang dalam akselerasi dan juga, setelah beberapa lap, saya sangat menderita dan kecepatan saya tidak bagus,” keluhnya.

Dengan ban baru di kualifikasi, Rossi juga mengaku tidak pernah merasa cukup cepat. “Minggu lalu saya bagus dengan ban baru, kami mencoba meningkatkan usia ban akhir pekan ini tapi sayangnya saya tidak cukup cepat. Itu akan sulit. Saya harus mulai dari belakang. Kita harus mengerti, mencoba sesuatu yang lain dan kita akan lihat,” jelasnya.

Kualifikasi terendah Rossi sebelumnya berada di urutan ke-18 di grid saat mengalami cedera di Assen pada tahun 2006. Meskipun begitu, ia selalu merasa penampilannya selama tahun-tahun Ducati (terendah ke-16 di Grand Prix Jerman 2011) lebih buruk.

“Bagi saya ini bukan kualifikasi terburuk saya. Saya pikir saya melakukannya lebih buruk dengan Ducati. Saya memiliki banyak masalah dengan ban belakang [lunak] tetapi di FP3 dengan ban keras ada banyak angin dan pasir di trek, kondisi yang sangat berbeda dan waktu putaran saya sama (dengan pembalap lain),” katanya.

Menurutnya, ia sudah mencoba menggunakan ban soft, namun ia merasa kurang nyaman di bagian belakang. Selain itu, juga banyak getaran. “Sepertinya ban menjadi terlalu panas dan saya kurang cepat,” tegas Rossi.

Lalu bagaimana dengan balapan resmi? Rossi mengaku akan sulit karena dia memulai dari belakang. “Tetapi terutama saya memiliki banyak masalah dengan kecepatan, saya tidak cukup cepat. Jadi saya perlu mencoba dan tetap dengan sekelompok orang di depan,” tuturnya.

“Minggu lalu kurang lebih semua orang berada dalam antrean. Tidak ada perbedaan besar dalam grup. Saya akan mencoba untuk tetap bersama mereka dan mencoba untuk melihat,” kunci rider gaek tersebut.

Posisi Start Balapan Losail Malam Ini

Jorge Martin (Pramac Ducati)

Johann Zarco (Pramac Ducati)

Maverick Viñales (Monster Yamaha)

Jack Miller (Ducati Team)

Fabio Quartararo (Monster Yamaha)

Francesco Bagnaia (Ducati Team)

Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)

Alex Rins (Suzuki Ecstar)

Joan Mir (Suzuki Ecstar)

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)

Stefan Bradl (Repsol Honda)

Miguel Oliveira (Red Bull KTM)

Luca Marini (Sky VR46 Avintia Ducati)

Alex Marquez (LCR Honda)

Pol Espargaro (Repsol Honda)

Takaaki Nakagami (LCR Honda)

Danilo Petrucci (KTM Tech3)

Brad Binder (Red Bull KTM)

Enea Bastianini (Avintia Ducati)

Iker Lecuona (KTM Tech3)

Valentino Rossi (Petronas Yamaha)

Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini). (amr)

Sumber: www.fajar.co.id