Pilkades Serentak di Kerinci Dipantau Langsung Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Bupati : Semoga Berjalan Aman dan Damai

Selasa, 06 April 2021 - 15:28:58 - Dibaca: 808 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Pemerintah Kabupaten Kerinci pada Selasa (6/4/2021) hari ini, melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Dari 285 Desa, terdapat 152 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak.

Untuk mensukseskan dan agar berjalan aman dan damai, Pemerintah Kabupaten Kerinci telah membagi 4 Tim yang diketua masing-masing yakni Tim 1 Bupati Kerinci, Tim 2 Ketua DPRD, Tim 3 Kapolres, dan Tim 4 Sekda Kerinci.

Bahkan dalam pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Kerinci tahun 2021 ini, juga ikut dipantau langsung oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri yang turun ke Kabupaten Kerinci.

Hal tersebut terlihat berdasarkan pantauan dilapangan, Bupati Kerinci didampingi Forkompimda dan OPD terkait serta Tim Pemantau Pilkades dri
Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri melakukan pemantauan pilkades di Kabupaten Kerinci.

Dimana, kegiatan diawali dengan mendengarkan arahan dirjen Bina Pemerintahan Desa kemendagri dan Pj. Gubernur Jambi melalui vicon.

Bupati Kerinci, Adirozal, mengatakan bahwa untuk Tahun 2021 ini, terdapat 152 Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak. Semoga semua pihak, menjunjung tinggi nilai kerukunan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. "Lakukan Pilkades jujur, jangan sampai memecah persatuan dan persaudaraan, apalagi memicu konflik,” ujar Adirozal.

Bupati Kerinci dua periode itu meminta seluruh calon kepala desa (Cakades) meredam gejolak massa pendukungnya. Kemudian, berkompetisi secara sehat dan bersih tanpa mengotori arti demokrasi, serta enciptakan keamanan dalam demokrasi merupakan kewajiban seluruh elemen masyarakat.

Adirozal juga mengimbau kepada panitia pemilihan kepala desa untuk netral dan melaksanakan pemilihan sesuai prosedur. Keberpihakan panitia kepada salah satu calon dapat menimbulkan kecemburuan bagi calon maupun pendukung lainnya, sehingga dapat memicu konflik.

”Harus mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya. Jangan bekerja untuk mendukung salah satu calon,” imbaunya.

Dia mengajak seluruh pihak untuk bersinergi menyukseskan gelaran pilkades serentak 2021 di Kabupaten Kerinci. Mulai dari tingkat desa, kecamatan, aparat keamanan, dan seluruh masyarakat. ”Keamanan tidak akan terwujud tanpa keterlibatan semua pihak. Buktikan kalau Kerinci sudah dewasa dalam berpolitik,” ungkapnya.

"Kepada Cakades dan pendukung untuk menghormati hasil pilihan dengan arif dan jaga rasa persaudaraan apalagi jelang bulan suci Ramadhan," cetusnya.(adi)