Bupati Batanghari Serahkan Ratusan Paket Sembako di BKAD Muara Bulian

Kamis, 08 April 2021 - 16:03:53 - Dibaca: 995 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARABULIAN - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Muara Bulian melakukan penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) dari Surplus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Tahun 2020. Penyerahan secara simbolis tersebut berlangsung di Aula BKAD Muara Bulian dan diserahkan langsung oleh Bupati Batanghari M.Fadhil Arief,SE didampingi oleh Ketua BKAD Muara Bulian Junaidi, dan dihadiri oleh Forum Komunikasi BKAD, DPMD, Camat Muara Bulian serta para penerima manfaat bantuan sosial. Kamis (08/04).

Ketua BKAD Muara Bulian Junaidi dalam sambutannya menyampaikan pada awalnya PNPM ini berdiri sejak tahun 2008, dan mulai menyerahkan bantuan sejak tahun 2009 sampai tahun 2020. Sehingga dana Bantuan Sosial yang diberikan sejak tahun 2009 sampai tahun 2020 sebesar Rp.558.854.859.

"Total Surplus UPK dari tahun 2009 sampai tahun 2020 sebesar Rp.3.091.971,247. Jumlah penerima manfaat Bansos sebanyak 1.929 orang, sumber dana dari Surplus UPK yang didapat dalam satu tahun sebesar 15 persen,"kata Junaidi

Junaidi menambahkan untuk tahun ini Bantuan Sosial yang diberikan oleh BKAD Muara Bulian sebesar Rp.52.600.000, dengan kriteria penerima yakni warga tidak mampu, Jumpo, Janda/Duda dan para KPMD/K.

"Jumlah penerima Bansos untuk surplus tahun 2020 ini sebanyak 236 orang, dari 16 desa dan 5 kelurahan, pembagian berdasarkan penyumbang Surplus Kelompok SPP di Wilayah masing-masing,"ujar Junaidi.

Sementara itu Bupati Batanghari M.Fadhil Arief dalam sambutannya menyampaikan sebagai lembaga keuangan masyarakat, keberadaan BKAD Kecamatan telah ikut menggerakkan perekonomian masyarakat Kabupaten Batanghari.

Bupati Batanghari juga berharap kedepannya Masyarakat Kabupaten Batanghari untuk sama - sama ikut membantu program Pemerintah Kabupaten Batanghari.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada BKAD yang telah ikut membantu program pemerintah dalam program sosial mengentaskan kemiskinan, semoga bantuan yang diterima masyarakat ini benar benar dimanfaatkan oleh masyarakat, apalagi untuk menghadapi Bulan Suci Ramadhan ini,"tutur Bupati Batanghari M.Fadhil Arief.

Kedepannya Bupati Batanghari meminta BKAD lebih kreatif lagi dalam program Bantuan Sosial, dengan tidak hanya memberikan bantuan berupa Sembako, tapi bisa dengan sesuatu yang lainnya yang memang benar dibutuhkan masyarakat.

Untuk diketahui bantuan sembako yang diterima per orang berupa beras 10 Kg, Minyak Sayur 4 Kg, Gula 3 Kg, susu 1 Kaleng, dengan total nilai sebesar Rp.200.000.(rza)