Terhadap LKPJ Walikota Jambi 2020

Dewan Gelar Paripurna Pandangan Umum Fraksi

Kamis, 08 April 2021 - 16:40:55 - Dibaca: 354 kali

Google Plus Stumbleupon


Penyerahan pandangan umum fraksi oleh pewakilan fraksi terhadap LKPJ Walkota Jambi 2020.
Penyerahan pandangan umum fraksi oleh pewakilan fraksi terhadap LKPJ Walkota Jambi 2020. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi menggelar rapat paripurna pandangan umum fraksi terhadap LKPJ Walikota Jambi 2020, kemarin (7/4) di Ruang Paripurna DPRD Kota Jambi.

Paripurana yang dihadiri langsung Walikota Jambi Sy Fasha dan Forkompimda Kota Jambi tersebut juga digelar secara virtual yang diikuti para Kepala OPD, Camat dan Lurah lingkup Pemkot Jambi.

F SOC  (2)

Penyerahan pandangan umum fraski oleh ketua DPRD Kota Jambi kepada Walikota Jambi

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan didampingi MA Fauzi, Pangeran HK Simanjuntak, RR Nully Kurniasih Kawuri, selaku Wakil Ketua DPRD dan Sekwan Nella Ervina.

Menimbang berbagai hal, pandangan umum fraksi terhadapa LKPJ Walikota Jambi 2020 hanya dilakukan dengan cara menyerahkan berkas pandangan umum fraksi saja.

F SOC  (3)

Suasana paripurana yang dihadiri Forkompimda Kota Jambi.

Ketua DPRD Kota Jambi Putra Absor Hasibuan mengatakan, berdasarkan atas kesepakatan bersama fraksi-fraksi di DPRD Kota Jambi sehingga pandangan umum fraksi terhadap LKPJ Walikota Jambi 2020 tidak dibacakan. Namun hanya diserahakan langsung kepada walikota.

“Atas kesepakatan bersama, pandangan fraski tidak dibacakan, namun lansung diserahkan pada saudara walikota,” kata Putra Absor.

F SOC  (4)

Menyanyikan lagu Indonesia Raya saat memulai paripurna.

Sementara itu Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, pandangan umum fraksi akan dijawab pihaknya pada Jumat (9/4) mendatang, dengan data yang konkrit.

“Kita beberapa waktu lalu sudah menyampaikan LKPJ. Hari ini (kemarin,red) pandangan umum fraksi, segera kita jawab dalam waktu dekat,” singkatnya.

F SOC  (6)

Penyerahan pandangan umum fraksi oleh pewakilan fraksi terhadap LKPJ Walkota Jambi 2020.

Setelah paripurana pandangan umum fraksi DPRD Kota Jambi terhadap LPKJ Walikota 2020, kemarin (7/4) langsung dilakukan pengenalan aplikasi Sistem Informasi Menejemen DPRD atau disingkat SIM-DPRD, yang nantinya menjadi salah satu cara untuk menghimpun aspirasi masyarakat Kota Jambi.

Sekretaris DPRD Kota Jambi, Nella Ervina menyebutkan bahwa aplikasi SIM-DPRD tersebut merupakan pengembangan dari sekretariat dewan untuk menghimpun seluruh aktivitas anggota DPRD Kota Jambi.

"Aplikasi ini berguna dalam rangka menghimpun seluruh kegiatan anggota DPRD Kota Jambi dalam melakukan aktivitas kesehariannya, dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan dan fungsi anggaran," katanya Rabu, (7/4).

Ia juga menjelaskan beberapa layanan didalam SIM-DPRD diantaranya E-Reses, E-Turap, E-Aspirasi dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH).

Nella mengatakan bahwa saat ini aplikasi SIM-DPRD tengah dalam pembangunan dan direncanakan bulan depan siap untuk di launching.

"Aplikasi sedang dalam pembangunan dan akan di launching satu bulan kedepan. Nantinya akan di uji coba terlebih dahulu," kata dia.

Sementara itu, Walikota Jambi Syarif Fasha juga mendukung adanya aplikasi ini. Menurutnya dengan adanya aplikasi terebut mempermudah usulan dan aspirasi masyarakat Kota Jambi.

"Mempermudah karena disitu ada juga usulan-usulan aspirasi masyarakat yang melalui anggota dewan dari konstituen. Setelah itu didalamnya juga ada kegiatan-kegiatan untuk perjalanan dinas dan sebagainya," ujarnya.

Sementra Wakil Ketua DPRD Kota Jambi MA Fauzi mngatakan, dengan adanya aplikasi tersebut artinya suatu kemajuan bagi DPRD Kota Jambi.

“Jadi, aspirasi langsung masuk dari masyarakat. Karena hanya 3 kali setahun, tapi dengan ada aplikasi ini bisa setiap hari aspirasi disampaikan masyarakat. Dewan sangat setuju dengan aplikasi ini,” katanya. (hfz)