#Cari_aman Dulu Baru Cari Pahala

Senin, 12 April 2021 - 16:45:29 - Dibaca: 511 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI– Tak terasa, bulan ini seluruh umat muslim di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia akan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Ibadah puasa tak menghalangi aktivitas kita sehari-hari seperti sekolah, bekerja, berpergian untuk membeli makanan berbuka puasa dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan kita yang sehari-hari menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas seperti sekolah ataupun bekerja dengan kondisi sedang berpuasa? Tim Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) akan membagikan tips #cari_aman saat naik motor saat berpuasa.
1. Perhatikan nutrisi saat sahur
saat santap sahur usahakan untuk menyantap makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayur dan juga buah-buahan. “disarankan untuk perbanyak minum air putih saat sahue agar tidak terjadi dehidrasi saat berkendara di siang hari”, ungkap Rudi, Instruktur Safety Riding Honda Sinar Sentosa. Tidak lupa juga untuk menggunakan perlengkapan berkedara seperti helm, jaket yang dapat menyerap keringat serta tidak lupa juga menyiapkan surat-surat kendaraan.

2. Perhatikan kondisi fisik
Ketika berpuasa, terkadang kondisi fisik menjadi lemah dan mudah mengantuk, “perlu diperhatikan untuk para pengendara, lakukan istirahat jika merasa ngantuk saat berkendara, berkendara dengan kondisi mengantuk tentu sangat berbahaya, beristirahatlah kurang lebih 10 menit”, ungkap Rudi.

3. Harus bisa mengontrol emosi
Kondisi lalu lintas saat bulan puasa seringkali padat terutama di jam pulang kerja ataupun menjelang berbuka puasa, karena banyak dari pengedara yang ingin mengejar waktu untuk berbuka puasa di rumah. “Agar emosi tidak mudah terpancing, kita harus senantiasa berpikiran positif terhadap pengendara lain”ujar Rudi.

4. Melihat pengendara lain yang sembarangan juga dapat memancing emosi, seperti menyerobot jalanan, berkendara melawan arus, maupun menggunakan trotoar.
Usahakan untuk selalu mengedepankan toleransi dan rasa sabar agar kepentingan sesama pengguna jalan dapat terpenuhi, serta tetap mampu mengendalikan emosi saat berpuasa.

“Itulah tips yang dapat kami bagikan, semoga bisa menjadi bekal untuk berkendara saat berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa, kemanapun perginya selalu #Cari_aman!” ujar Rudi Septiyadi, Instruktur Safety Riding Honda Sinsen. (van)