Tips dan Trik Merawat Mobil Mitsubishi Bertransmisi Matic Agar Tetap Awet

Rabu, 28 April 2021 - 17:25:38 - Dibaca: 739 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Bagi pengguna mobil matik, memiliki transmisi yang praktis tentu sangat menguntungkan. Namun meski lebih mudah digunakan, komponen tersebut juga membutuhkan perawatan agar tetap awet. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan pemiliki kendaraan. Supervisor PT. Suka Fajar, Dedi mengungkapkan, Ganti Oli Transmisi secara teratur, usahakan untuk selalu mengganti oli transmisi setelah menempuh jarak 50.000 kilometer.

"Akan tetapi, jika mobil sering digunakan, sebaiknya gantilah oli sebelum mencapai 50.000 kilometer. Karena, pelumas transmisi dibutuhkan untuk mendukung prinsip kerja hidraulis dan merawat gearbox matik," kata Dedi kemarin (28/4).

Dia menambahkan, posisikan tuas Tltransmisi secara tepat.
Menempatkan tuas transmisi secara tepat seperti pada posisi N (netral) saat berhenti lama, dan posisi L (low) atau 1 saat melintasi tanjakan dan turunan curam harus selalu dilakukan.
"Sebab, jika posisi tuas transmisi tidak tepat maka kanvas kopling akan cepat aus dan transmisi tidak dapat bekerja optimal," terangnya.

Perlu diperhatikan pedal gas,
Hindari menginjak pedal gas terlalu dalam secara tiba-tiba. Sebab, transmisi memerlukan waktu untuk memberi tekanan dari oli ke konverter torsi. Selain itu, jangan menginjak pedal gas saat ingin memindahkan tuas dari posisi N ke D karena akan menyebabkan kopling menjadi selip.
"Periksakan sistem transmisi secara berkala. Lakukanlah pengecekan sistem transmisi secara berkala setiap menempuh 20.000 kilometer di bengkel resmi atau terpercaya. Pastikan juga volume oli transmisi berada pada batas normal," urainya.

Beberapa tips tersebut bertujuan agar transmisi pada mobil matik pemilik kendaraan, dapat terus berfungsi optimal dan terhindar dari kerusakan.
"Karena dengan merawatnya secara tepat, perjalanan anda pun akan lebih aman dan nyaman," ujarnya.

Mengenai cara menjaga harga jual kembali dari Mitsubishi, sambungnya, adalah dengan tetap selalu menjaga kondisi mobil dan performa mobil selalu baik, salah satunya dengan selalu melakukan service berkala, dan menggunakan suku cadang original dari Mitsubishi itu sendiri.
"Yang mana calon pembeli nantinya akan tetap berani membeli dengan harga yang tinggi, untuk suatu kualitas mobil mitsubishi yg terawat," jelasnya.

Sedangkan untuk promo yang ditawarkan untuk Xpander MPV, Xpander Cross dan Pajero Sport adalah free jasa service dan sparepart (Paket Silver), dimana konsumen mendapatkan free perawatan berkala plus spare parts hingga 50.000 kilometer/4 tahun.
"Dan diberikan fasilitas kredit dengan bunga mulai 0 persen," tandasnya. (yos)