Pasien Positif Covid-19 Meninggal Dunia di Tanjabtim, Riwayat Perjalanan dari Kerinci

Jumat, 30 April 2021 - 07:21:43 - Dibaca: 2155 kali

Google Plus Stumbleupon


Proses pemakaman jenazah yang positif Covid-19 di TPU Jumantan Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat
Proses pemakaman jenazah yang positif Covid-19 di TPU Jumantan Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat / Jambi Ekspres Online
MUARASABAK - Pertama kali, salah satu pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), meninggal dunia pada Rabu (29/4) malam di RSUD Nurdin Hamzah Muara Sabak.
 
Pemerintah Kabupaten Tanjabtim melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 dalam hal ini telah mempersiapkan lokasi pemakaman bagi jenazah yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jumantan Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat. 
 
Sekretaris Daerah Tanjabtim, Sapril selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 mengatakan, bahwa pasien yang meninggal dunia berinisial MN, jenis kelamin perempuan, berusia 58 tahun dan merupakan asli warga Desa Sungai Jeruk, Kecamatan Nipah Panjang. 
 
"Pasien Covid-19 yang meninggal ini adalah yang pertama di Tanjabtim, dan pasien merupakan warga asli Tanjabtim yang berdomisili di Nipah Panjang," katanya.
 
Dijelaskannya, bahwa jenazah pasien Covid-19 dinyatakan positif dan dirawat sejak hari Rabu (21/4) lalu, setelah yang bersangkutan pulang dari Kabupaten Kerinci. Terkait ada atau tidak penyakit lainnya, saat ini pihaknya belum mendapat konfirmasi dari rumah sakit.
 
"Tracking terhadap orang terdekat almarhumah telah kita lakukan, dan suaminya dinyatakan positif serta dirawat di RSUD Nurdin Hamzah," jelasnya.
 
Diakui Sapril, untuk permulasaraan terhadap janazah Covid-19 telah dilakukan dengan standar protokol kesehatan atau standar penyelenggaraan penanganan jenazah Covid-19 yang dilaksanakan oleh Tim.
 
"Masyarakat sekitar juga berpartisipasi membantu menggali kuburan atas inisiatifnya sendiri, dan kami sangat berterima kasih. Sedangkan untuk proses pemakamannya dilakukan oleh tim yang sudah dilatih, dan menggunakan APD lengkap," ucapnya.
 
Dari data yang didapat dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanjabtim, untuk jumlah total pasien keselurahan yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 317 orang, sembuh 239, masih dalam perawatan 78 orang dan meninggal dunia 1 orang.(lan)