Dinkes Lakukan Pembinaan Sekolah Sehat Berkarakter Pariwisata di SMAN 5 Kota Jambi

Selasa, 04 Mei 2021 - 15:20:57 - Dibaca: 287 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Dinas Kesehatan Provinsi Jambi melaksanakan Pembinaan Sekolah Sehat berkarekter Pariwisata, sekolah sehat yang akan menjadi sekolah percontohan /Role model Pariwisata adalah SMA Negeri 5 Kota Jambi, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi sekolah sehat merupakan lingkungan bersih dan indah sangatlah penting agar memberikan kenyamanan tersendiri bagi siswa ketika belajar. Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin tentu bisa membuat siswa mencapai prestasi terbaik, serta guru pun dapat menghasilkan kinerja bagi terlaksananya pendidikan terbaik.

WhatsApp Image 2021-05-04 at 15.17.52

Sekolah Sehat Berkarakter Pariwisata itu harus menyentuh 3 aspek, yaitu fisik, nonfisik dan personal. Fisik harus mencakup di antaranya adalah kepadatan ruang kelas minimal 1,75 m2/peserta didik, tingkat kebisingan, memiliki lapangan dan atau area bermain, memiliki lingkungan sekolah yang bersih, rindang, dan nyaman.

Disamping itu memiliki sumber air bersih yang memadai dan septic tank, sirkulasi udara yang memadai, pencahayaan kelas yang memadai, memiliki kantin sekolah yang memenuhi syarat kesehatan, dan memiliki toilet dan kamar mandi bersih dengan perbandingan untuk siswi 1:24 dan siswa 1:40.

Kemudian juga memiliki kantin sehat serta adanya Tanaman Obat Keluarga (Toga) serta memiliki tempat sampah, tempat cuci tangan pakai sabun. Selanjutnya, non fisik di antaranya harus memiliki kurikulum yang mengintegrasikan PHBS, memiliki perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian program sekolah berbasis pada penciptaan Sekolah Sehat Berkarakter pariwisata, dan berinteraksi sosial warga sekolah yang menunjukkan praktik Sekolah Sehat Berkarakter Pariwisata.

Sedangkan di antaranya mencakup ciri personal meliputi kemampuan berpikir kritis, mengambil keputusan, memecahkan masalah, bekerja sama, bernegosiasi, kesadaran diri, berkomunikasi efektif, dan berempati.


Pembinaan tersebut dilaksanakan dengan berkoordinasi melalui TP-UKS Provinsi Jambi, salah satu implementasi yang sudah dilaksanakan Dinas Kesehatan provinsi Jambi adalah pembinaan UKS, sosialisasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu cara mencuci tangan dengan air mengalir pakai sabun, inovasi membuat tempat sampah dari barang bekas sebanyak 6 buah, menyediakan media Komunikasi, Informasi dan Edukasi ( KIE) sebanyak 31 buah, sosialisasi tentang kekerasan pada anak, kawasan tanpa rokok, kantin sehat, Gizi seimbang, lingkungan sehat dan aktivitas fisik serta pentingnya Toga. (adv)