PT SAL Bantu Jaga Ketahanan Pangan Orang Rimba

Senin, 10 Mei 2021 - 15:41:12 - Dibaca: 587 kali

Google Plus Stumbleupon


PT Sari Aditya Loka 1 memberikan bantuan kepada Suku Anak dalam (SAD)
PT Sari Aditya Loka 1 memberikan bantuan kepada Suku Anak dalam (SAD) / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Menjelang Ramadhan maupun lebaran tahun ini, pemerintah memberikan berbagai macam program bantuan sosial, salah satunya adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Bantuan Sosial (Bansos) ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sumber vitamin dan mineral.

WhatsApp Image 2021-05-10 at 15.25.37

Demi menjaga ketahanan pangan PT SAL 1 memberikan bantuan pangan kepada SAD

Sejalan dengan program pemerintah tersebut, PT Sari Aditya Loka 1 juga mengembangankan program Bantuan Pangan kepada Suku Anak Dalam atau Orang Rimba. Bantuan ini juga bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan SAD. Bahan pangan yang diberikan meliputi beras, minyak goreng, teh, kopi, sampai dengan ikan asin.

Setiap bulan, sekitar 313 Kepala Keluarga dari tujuh Kelompok Temenggung Orang Rimba yakni; Tumenggung Nggrip, Tumenggung Nangkus, Tumenggung Bepayung, Tumenggung Afrizal, Tumenggung Sikar, Tumenggung Pak Jang, Dan Tumenggung Ngepas mendapatkan bantuan pangan sejak tahun 2018.

WhatsApp Image 2021-05-10 at 15.26.05 (1)

Saat menyalurkan bantuan kepada SAD PT SAL 1 tetapa mematuhi protokol kesehatan

Hal ini merupakan langkah penting dalam ikut serta berperan dalam menjaga ketahanan pangan dengan menyalurkan bahan pangan bagi masyarakat Suku Anak Dalam atau Orang Rimba di Jambi, di tengah mewabahnya virus corona. Community Development Officer (CDO) PT SAL, Thresa Jurenzy mengatakan, “pada saat pandemi sekarang, dimana pergerakan manusia sangat dibatasi, pemberian bahan pangan ini sangat membantu.”

Sejak pandemi, tercatat PT SAL telah mendistribusikan total 51 ton beras dan 4372 paket bahan makanan. Program ini bekerjasama dengan kepala desa, jenang dan Balai TNBD dalam setiap pendistribusiannnya.

WhatsApp Image 2021-05-10 at 15.26.05

PT SAL 1 langsung menyalurkan bantuan kepada pihak SAD

" Terima kasih kepada PT SAL yang telah menunjukkan kepedulian untuk Orang Rimba dan melibatkan pemerintah desa dalam setiap kegiatan, kata Mujito, Kepala Desa Bukit Suban. Distribusi bantuan tersebut dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Meriau, salah satu warga SAD yang dari Kelompok Temenggung Nggrip, merasa sangat terbantu dengan bantuan pangan yang diberikan PT SAL. “Terima kasih diucapkan ke Perusahaan, atas bahan makanannya sudah dibantu,’’ ungkapnya. (van)