Ketakutan Belanda Terjadi, Virgil van Dijk Resmi Absen di Euro 2020

Jumat, 14 Mei 2021 - 13:34:06 - Dibaca: 517 kali

Google Plus Stumbleupon


Bek Belanda Virgil Van Dijk (kanan) bersama Matthijs De Ligt saat berhadapan dengan Jerman di Johan Cruyff Arena, Amsterdam 24 Maret 2019. (EMMANUEL DUNAND / AFP)
Bek Belanda Virgil Van Dijk (kanan) bersama Matthijs De Ligt saat berhadapan dengan Jerman di Johan Cruyff Arena, Amsterdam 24 Maret 2019. (EMMANUEL DUNAND / AFP) / Jambi Ekspres Online

AMSTERDAM-Ketakutan timnas Belanda terwujud. Bek tengah sekaligus kapten Virgil van Dijk resmi mengundurkan diri dari Euro 2020 bulan depan. Itu dipicu kondisi cedera ACL yang dideritanya sejak Oktober 2020. Cedera tersebut belum 100 persen pulih. Padahal, waktu tersisa jelang Euro juga sangat mepet.

’’Tentu saya kecewa membiarkan Belanda berjuang di Euro tanpa ada kontribusi dari saya. Tetapi, saya juga harus realistis. Saya fokus untuk pramusim Liverpool FC dan menyongsong musim depan yang lebih baik,’’ papar Van Dijk seperti dilansir Daily Mail.

Pemain 29 tahun itu ingin membalas musim The Reds yang buruk saat ini. Meski berstatus juara bertahan, Liverpool terseok-seok masih berada di posisi keenam dengan 57 poin di klasemen sementara Premier League.

Mereka terancam gagal tampil di Liga Champions musim depan. Sebab, mereka masih tertinggal tujuh poin oleh Chelsea yang berada di tempat keempat dengan empat matchweek tersisa.

Liverpool juga dipastikan nirgelar musim ini. Selain gagal di Premier League dan Liga Champions, mereka tersingkir pada putaran keempat Piala FA dan Piala Liga. Di Community Shield, mereka juga hanya puas sebagai runner-up.

Salah satu pemicu menurunnya performa tim asuhan Juergen Klopp itu adalah badai cedera. Selain VVD, julukan Van Dijk, ada bek tengah Joe Gomez yang menderita cedera lutut. Itu belum termasuk cedera pemain pilar lainnya seperti kapten Jordan Henderson.

Dengan musim baru yang dihelat per 14 Agustus mendatang, waktu pemulihan Van Dijk juga akan maksimal. Sebab, beberapa hari lalu dia sudah menjalani latihan ringan meski masih terpisah dari rekan setimnya. Eks bek Southampton FC itu diprediksi pulih 100 persen sebulan lagi.

Jika Liverpool lega dengan batalnya Van Dijk ikut Euro, tidak demikian halnya dengan Belanda. Sebab, stok bek tengah berpengalaman lainnya juga menipis lantaran Daley Blind serta Nathan Ake belum sepenuhnya sembuh dari cedera ligamen dan hamstring. Dua pemain itu juga berpacu dengan waktu untuk bisa tampil maksimal di Euro nanti.

Namun, pelatih Frank de Boer tidak terlalu panik. Dia sudah menemukan bek tengah yang menggantikan status Van Dijk sebagai starter. Yakni, Stefan de Vrij. Selama ini, bek Inter Milan itu hanya jadi cadangan duet Van Dijk-Matthijs De Ligt.

Begitu Van Dijk cedera panjang dan De Ligt yang juga sempat cedera bahu, bek 29 tahun itu mengambil alih posisinya. Hasilnya pun cukup impresif. Dari enam laga tampil mengisi pos Van Dijk dan De Ligt bergantian, Belanda hanya sekali kalah. (*)

Sumber: www.jawapos.com