Rekapitulasi PSU Haris-Sani Menang,CE-Ratu Legowo

Senin, 07 Juni 2021 - 14:27:37 - Dibaca: 1567 kali

Google Plus Stumbleupon


Dua Guru Besar Hukum Tata Negara yang berseberangan dalam sengketa Pilgub Jambi di MK,Yusril bela CE-Ratu,Bari bela Haris-Sani,tetapi keduanya tetap bersahabat.
Dua Guru Besar Hukum Tata Negara yang berseberangan dalam sengketa Pilgub Jambi di MK,Yusril bela CE-Ratu,Bari bela Haris-Sani,tetapi keduanya tetap bersahabat. / Jambi Ekspres Online
 
oleh Abdul Bari Azed
 
 
KOMISI Pemilihan Umum Provinsi Jambi  (KPU) Provinsi Jambi pada hari Kamis tanggal 3 Juni 2021 yang baru lalu telah melakukan pleno penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara ulang pasca keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 130/PHP-GUB-XIX/2021 dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Tahun 2020.Dalan keputusan yang ditanda tangani oleh Ketua KPU Provinsi Jambi H.M.Subhan tertanggal 3 Juni 2021. Dalam diktum kedua Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi Nomor 21/PL-02.6.Kpt/15/Prov/VI/2021 berbunyi Menetapkan Rekapitulasi  hasil perhitungan suara ulang tingkat Provinsi Jambi pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 130/PHP.GUB-XIX/2021 mengenai pelaksanaan pemungutan suara ulang di 88 TPS yang tersebut di 5 Kabupaten/Kota Provinsi Jamb pada 15 Kecamatan, di 41 desa/kelurahan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Tahun 2020 sebagai berikut :
Pasangan calon nmor urut 1 Drs Cek Endra-Ratu Munawaroh memperoleh 8.890 suara, pasangan calon nomor urut 2 Dr.Drs H.Fachrori Umar M.Hum- Drs.H.Syafril Nursal, SH,MH, memperoleh suara 300, serta pasangan calon nomor urut 3 Dr.H.Al Haris, S.Sos,M.H.- Drs H. Abdullah Sani,M.Pd.I memperoleh suara 11.422 Dengan demikian paslon 01 CE-Ratu memperoleh suara 587.918 , paslon 02 Fachrori Umar-Syafril Nursal memperoleh suara 381.634, serta paslon 03 Haris-Sani memperoleh suara 600.634. . 
 
Jauh hari kita sudah memperkirakan bahwa di   dalam Pemungutan Suara Ulang tanggal 27 Mei 2021 pasangan nomor urut 03 Haris-Sani akan unggul dengan alasan pertama bahwa pasangan ini telah unggul 10.283 suara pada waktu plkada serentak 9 Desember 2020 yang lalu yang ke dua partisipasi pemilih menurun karena berbagai alasan,: pindah domisili,, kejenuhan, khawatir dengan pandemi covid-19, lebih baik pergi ke umo,mesin partai politik pengusung relatif tidak efektif dan yang ke tiga kekuatan figur calon Haris-Sani adalah dua sosok pemimpin gabungan birokrat-ulama yang relevan untuk saat ini. Ditambah lagi sosok Al Haris, yang betul-betul birokrasi  Aparatur sipil  memulai karir dari bawah Sekretaris Lurah-Lurah Karo serta Bupati Merangin dua periode. Al Haris juga relatif muda kelahiran desa Sekancing Merangin pada tanggal 23 November 1973. dia masih muda, cerdas serta berbakat.
 
Begitu penetapan rekapitulasi oleh KPU Provinsi Jambi  pada tanggal 3 Juni 2021 yang dihadiri oleh seluryh komisioner KPU ,parasaksi pasangan calon serta unsur terkait lainnya. Hari Jumat tanggal 4 Juni 2021 beberapa surat kabar lokal memberikanhasil rekapitulasi tersebut di surat kabarnya masin-masing. menjadi berita utama di halaman depan (head line)Antara lain Jambi One dengan judul "Sah,Haris Gubernur Jambi", Tribun Jambi dengn judul "Bersama Bangun Jambi" dengan sub judul   paslon 01 CE-Ratu Tidak akan Ajukan Gugatan, Saksi 03 Ucap Terima Kasih, ,koranJambi Independent dengan judul "AL Haris Gubernur Jambi" dengan sub judul " CE-Ratu Legowo" serta beberapa media sosial lainnya yang memberitakan hal tersebut dengan bahasa yang hampir sama .Kemudian menarik pemberitaan koran Jambi Independnent yang terbit pada hari Sabtu tanggal 5 Juni 2021 dengan berita utama (head line) di halaman depan dengan judul  "Pertarungan Usai,Saatnya membangun Jambi" dengan sub judul CE-Haris Ditakdirkan Jadi Pemimpin Jambi , Haris Sambangi kediaman Cek Endra, begitu juga suratkabar Jambi Ekspres yang terbit pada hari Sabtu tanggal 5 Juni 2021 di ghalaman depan berjudul "Haris Cium Tangan CE", Sambangi CE Pasca PSU PIlgub Jambi.
 
Adab politik
 
Begitu rekapitulasi diumumkan oleh KPU Provinsi Jambi pada hari Kamis tanggal 3 Juni 2021 , Al Haris sebagai Gubernur Jambi terpilih melakukan silaturrhami ke rumah dinas Bupati Sarolangun pada hari Jum"at tanggal 4 Juni 2021. Disitu sudah hadir ulama kharismatik Merangin Buya KH M.Sattar. yang sangat dihormai oleh Al Haris. Menurut catatan penulis KH M.Sattar adalah ulama pertama sekali yang disambanginya pada waktu pilkada 9 Desember 2020 dimana dalam hitungan cepat pasangan Haris-Sani yang unggul.. Disini kita saksikan Al Haris adalah sosok yang santun menghormati seniornya. Dia menunjukan etika dan adab politik yang patut di teladani oleh elit pemimpin di Provinsi Jambi.Begitu juga Cek Endra, Bupati Sarolangun dua periode menunjukan jiwa besarnya dengan menyatakan bahwa Haris ditakdirkan jadi pemimpin Jambi. Cek Endra yang merintis karir  sebagai  pengusaha beken di ibukota kemudian terjun ke politik menjadi Wakil Bupati Sarolangun mendampingi Bupati Hasan Basri Agus, dan kemudian menjabat Bupati Sarolangun dua perode.Al Hatis kemudian pada hari Sabtu tanggal 5 Juni 2021 mengunjungi seniornya Fachrori Umar dikediamannya unutk meminta nasehat dan petunjuk dari pada mantan Gubernur Jambi yang befrgelar Doktor serta gemar berpantun tersebut. 
 
Tidak boleh menentang Takdir
 
Penulis tertarik dengan pernyataan dari Cek Endra yang menyatakan bahwa " Al Haris ditakdirkanJadi PemimpinJambi", hal ini perlu penulis garis bawahi, bahwa hal tersebut  memang benar.Kita seharusnya mengacungkan jari jempol kepada Cek Endra.,disaping dia mengucapkan pernyataan tersebut diatas dia dan Ratu Munawaroh juga Legowo,ikhlas dan redho menerima kenyataan hasil pilkada serentak tanggal  Desember 2020 serta PSU 88 TPS.pada tanggal 27 Mei 2021.  Dari kajian ilmu tasawuf disebutkan, bahwa Menentang hak Allah SWT .atas takdir yang telah ditentukan-Nya  berarti kematian agama,kematin tauhid bahkan kematian tawwakal dan keikhlasan.
Hati orang yang beriman tidak mengenal kata-kata "kenapa", "Mengapa", Tetapi ia akan berkata "baik" atau "Iya" Makanyatalah bahwa menentang takdir dan ketentuan Allah dalam satu perkara yang sudah ditetapkan baginya adalah dicegah dan dilarang. Sedangkan melanggarnya adalah tercela di hadapan Allah SWT.. Manakala bersabar dan ridho atas bala" dan musibah yang ditetapkan itu adalah baikdanbermanfaat. Allah SWT berfirman "Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (lauh mahfuzh) sebelum kami mewujudkannya.Sungguh yang demikian itu mudahbagi Allah,agar engkau tidak bersedih hati terhadap yang luput dari kamu  dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu dan Allah tidak menyukai setiap orang-orang yang sombong danmembanggakan diri (QS. AL-Hadid:22-23).   :  
Hal ini sama dengan ketentuan Allah tentang rezki.Allah telah membagi dan menetapkan rizki setiap orang,sehingga tidak ada yang mampu untuk menghalangi,melarang,menambah atau mengurangi pembagiannya.Rizki hari esok tidak akan didapati hari ini.Rizki seseorang tidak akan berpindah ke tangan orang lain. Seorang mukmin harus meyakini qadho dan qodar Allah, baik buruknya dan pahit manisnya. Ia harus meyakini apapun yang menimpa tidak akan dapat dielakkannya. Sebaliknya apapun  yang bukan bahagiannya tidak akan dapat diraihnya.Ia harus meyakini apapun yang akan dan telah terjadi semuanya berdasarkan qadha dan qadar Allah SWT, tidak ada seorangpun yang bisa lari dari ketentuan Allah SWT dan keputusan-Nya yang telah tertulis di lauh mahfuzh sejak awalnya..
 
Untuk itu, tidurlah di dalam pelukan takdir, berbantalkan sabar, berselimut pasrah sambil beribadah kepada Allah SWT sambil menanti pertolongan-Nya.Menyerahlah.kepada ketentuan-Nya,Kepasrahan terhadapt takdir akan membuat seseorang  dekat kepada Allah. Bersimpuhlah kepada takdir dan perbuatan-Nya Tundukkan dzhohir dan bathin dalam menerima takdir dan berjalan di atasnya.Memuliakan takdir akan menghantarkan seseorang dekat kepada-Nya dan selalu dalam keridhoan-Nya.Waalahualam bissawab.
 
Penulis adalah Guru Besar FH-UI Depok dan FH-Unbari,serta anggota jemaah pengajian Kumpeh Daarut Attauhid (KDT) Muaro Jambi.    .  .