Perpanjang Akreditasi SPI, FAH Persiapkan IPEPA

Rabu, 09 Juni 2021 - 08:45:20 - Dibaca: 304 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Wakil Rektor I bidang akademik dan kelembagaan Dr. Rofiqoh Ferawati, M.EI., memimpin Rapat persiapan IPEPA (Instrumen Pemantauan Dan Evaluasi Peringkat Akreditasi) program studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora https://uinjambi.ac.id/ di Rumah Moderasi Kampus I UIN Telanaipura, senin (7/6).

8_6

Kegiatan rapat ini untuk membahas hal-hal yang akan dilakukan untuk memperpanjang masa akreditasi prodi yang akan berakhir sesuai peraturan baru dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui proses IPEPA.

IPEPA sendiri ditetapkan berdasarkan data prodi yang dilaporkan oleh Perguruan tinggi ke PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Berdasarkan data di PDDikti, data yang dimiliki Prodi SPI dinilai kurang lengkap. Diantaranya, data tentang status dosen, jumlah mahasiswa dan alumni, sebaran mata kuliah, dan lain sebagainya.


Rapat persiapan IPEPA (Instrumen Pemantauan Dan Evaluasi Peringkat Akreditasi) program studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora
Berdasarkan hal tersebut, Fakultas Adab dan Humaniora telah membentuk tim yang akan bekerja selama kurang lebih satu bulan dalam bulan Juni. Tim ini akan mengunggah dokumen-dokumen yang telah ditentukan oleh BAN-PT .

Saat ini tim telah mengisi data-data yang dibutuhkan dalam bentuk word excel kecuali data treasure study dari tahun 2016-2020. Tim sedang mengedarkan treasure tersebut yang selanjutnya akan diolah sesuai format yang dibutuhkan.

Selain dalam format excel, tim juga harus menarasikan data kinerja dalam format word dan perlu memberikan penjelasan secara lebih detail. Dengan adanya tim ini diharapkan IPEPA Prodi. SPI dapat diunggah ke BAN-PT pada pertengahan Juli 2021.

Dalam waktu satu minggu Wakil Dekan I, II, dan III akan menuliskan narasi kinerja sesuai hasil rapat yang telah disepakati. Rapat ini juga turut dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Dr. Halimah Ja’far, M.Fil.I, Ketua Lembaga Penjamin Mutu Dr. Dian Mursyidah, M.Ag., Sekretaris Lembaga Penjamin Mutu Dr. Jamaluddin, M.Pd. (uci/*)