Disbudpar Laksanakan Audisi GBN 2021

Kamis, 10 Juni 2021 - 11:30:22 - Dibaca: 485 kali

Google Plus Stumbleupon


Plt Kadis Budpar Dr Sri Purnama Syam menyampaikan pesan
Plt Kadis Budpar Dr Sri Purnama Syam menyampaikan pesan / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Setelah tahun lalu audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) ditunda penyelenggaraanya karena Pandemi Covid-19 tahun ini audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara 2021 kembali digelar. Audisi GBN yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi berlangsung di GOS Kota Baru - Jambi, yang dibuka oleh Plt. Kadis Budpar, DR. Sri Purnama Syam, Rabu (9/6).

2A_119

Ketua panitia pelaksana Audisi GBN, Ayu Rahmawati Oktavia memberi sambutan

Saat pembukaan kegiatan ini turut dihadiri oleh juri dari Jakarta yaitu, bapak Sudirman dan dua juri lokal Jambi, dan sejumlah pejabat dilingkup Disbudpar. Tentunya pelaksanaan Audisi GBN tahun 2021 yang dimotori oleh Bidang PNBS Disbudpar Provinsi Jambi ini menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang sangat ketat. Seluruh peserta dan panitia yang akan masuk harus mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker serta menjaga jarak.

3A_114

Penampilan  salah seorang peserta Audisi GBN

Bahkan, sebelum peserta tampil keatas panggung harus membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan panitia, peserta harus memakai masker, dan setiap peserta dan dewan juri diberikan sarung micropon masing-masing.
Kegiatan Gita Bahana Nusantara (GBN) adalah paduan antara seni musik dan seni suara yang diramu dalam bentuk Paduan Suara dan Orkestra. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pembangunan karakter bangsa melalui pengembangan musik dan seni suara, serta pembinaan generasi muda dalam bidang seni dan budaya.

4A_103

Foto bersama para pemenang Audisi GBN 2021

Plt. Kadis Budpar, DR. Sri Purnama Syam, mengatakan, melalui Paduan Suara dan Orkestra para generasi muda diharapkan akan lebih menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air serta semangat nasionalisme yang tinggi. Tentunya melalui pewarisan nilai-nilai luhur dalam meningkatkan semangat kebangsaan serta membangun semangat membangun Indonesia yang maju di masa depan. "Yang menang audisi akan mewakili Provinsi Jambi ke tingkat nasional. Bagi yang belum menang tahun ini jangan berkecil hati, mungkin kesempatan akan datang pada tahun berikutnya," ujarnya.
Gita Bahana Nusantara (GBN) yang dikemas menjadi sebuah Pergelaran Paduan Suara dan Orkestra yang akan dtampilkan pada puncak peringatan HUT RI ke 76 tahun 2021 di Istana Merdeka Jakarta.

5A_73
GBN adalah sebagai upaya untuk menemukan bakat-bakat seni dikalangan pelajar dan mahasiswa. Hal ini sebagai upaya memajukan kebudayaan nasional melalui penguatan jati diri dan pembangunan karakter bangsa yang dapat berujung pada kecintaan tanah air dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga upaya pewarisan nilai-nilai nasionalisme serta pembinaan kesenian nasional dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. "Juri yang dihadirkan dalam kegiatan ini sangat kompeten di bidangnya. Dan dapat dipastikan penilaian yang dilakukan juri objektif," imbuh wanita yang akrab disapa Ema ini.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Audisi GBN, Ayu Rahmawati Oktavia, M.M mengatakan, pada dasarnya GBN merupakan agenda rutin setiap tahun dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Disbudpar Provinsi Provinsi Jambi. "Kegiatan ini salah satu ajang pemilihan putra-putri terbaik di bidang seni vokal dalam bentuk audisi. Peserta terbaik dipilih 4 orang," sebutnya.
Kegiatan Audisi GBN harapkan dapat memotivasi generasi muda dalam mengasah keterampilan di bidang seni suara dan mampu menumbuhkan semangat kebangsaan, kejuangan yang tinggi serta memberikan nilai-nilai positif bagi generasi muda. "Peserta audisi GBN adalah pelajar, mahasiswa serta utusan kabupaten/kota se Provinsi Jambi," ujar Ayu. (kar)