Skenario Gampang Ronaldo Cs Lolos 16 Besar: Dibantu Belgia, Swedia, dan Slowakia

Senin, 21 Juni 2021 - 08:13:22 - Dibaca: 426 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUNICH—Piala Eropa memasuki momen-momen menegangkan dalam perebutan tiket babak 16 besar. Sejauh ini, baru Italia, Belgia, Wales, dan Belanda yang memastikan diri lolos ke babak fase knockout sementara 12 jatah lainnya harus menunggu hingga matchday ketiga.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah Portugal. Cristiano Ronaldo Cs di posisi sulit setelah dihajar Jerman dengan skor 4-2 di laga kedua Grup F. Dengan tiga angka, mereka harus meraih poin saat menghadapi Prancis. Sebab, kekalahan bisa mengeliminasi sang juara bertahan.

Selain harus berjuang sendiri mengalahkan Les Bleus yang berstatus finalis EURO sekaligus juara Piala Dunia 2018, Portugal juga bisa lolos dengan skenario lebih gampang. Caranya? Mereka dibantu negara-negara lainnya.

Bantuan tersebut diharapkan bisa diberikan Belgia, Swedia, dan Slowakia. Jika Belgia mampu mengalahkan Finlandia apalagi dengan skor besar, itu akan sangat membantu Portugal kalau mereka sampai kalah dari Prancis.

Paling tidak, anak asuh Fernando Santos masih bisa bersaing sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik. Itu karena Rusia dan Denmark akan saling bunuh di Grup A ini dan salah satunya kemungkinan besar akan tersingkir.

Namun, Portugal masih harus mendapat bantuan lain dari Swedia dan Slowakia yang ada di Grup F. Swedia harus bisa mengalahkan atau minimal imbang dengan Polandia. Pada saat bersamaan, hasil sama diraih Slowakia saat menantang Spanyol.

Jika Spanyol dan Polandia gagal memenangi pertandingan lalu Portugal hanya kalah sebiji gol dari Prancis, mereka akan lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga. Untuk persaingan dengan Spanyol, Portugal dalam skenario kalah satu gol unggul produktivitas atas Spanyol yang juga akan finis di peringkat ketiga. Itu jika Spanyol kembali imbang.

Bantuan lain juga sebenarnya bisa datang dari Ukraina atau Austria yang akan saling bertemu dini hari nanti. Namun, ini agak riskan diharapkan. Pasalnya, kedua negara yang sama-sama mengoleksi tiga poin akan memilih bermain aman karena dengan hasil imbang, mereka sama-sama bisa melenggang ke fase knockout.

Selain bantuan, Portugal juga perlu berdoa buruk: Kroasia dan Skotlandia yang akan saling bertemu di laga terakhir Grup D hanya imbang. Kalau laga ini berakhir imbang, jalan Portugal menuju babak 16 besar akan semakin “gampang” meski harus kalah dari Prancis.

Akan tetapi, hitung-hitungan itu akan terlalu ribet dan mendebarkan bagi Portugal. Makanya, mereka tentu saja akan berupaya mengalahkan Prancis atau paling tidak bermain imbang. Empat poin akan aman. (amr)

Sumber: www.fajar.co.id