Permudah Pelayanan, Kemenag Kerinci Bangun Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu

Kamis, 08 Juli 2021 - 21:17:44 - Dibaca: 1379 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Harapan masyarakat Kabupaten Kerinci untuk mendapat pelayanan haji dan umrah terpadu secara maksimal akan segera terwujud, karena setelah melalui proses dan perjuangan panjang, Kamis (08/07/2021), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kerinci telah dilaksanakan prosesi peletakan batu pertama pertanda dimulainya pembangunan Gedung pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu di desa Sebukar, Kecamatan Tanah Cogok.

Pembangunan Kantor PLHUT menjadi impian bagi Pemerintah Daerah, khususnya jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci. Tepat pukul 11.00 WIB prosesi peletakan batu pertama dimulai. Giliran pertama diberikan kehormatan kepada Bupati Kerinci Adirozal. Kemudian dilanjutkan secara berturut-turut Wakil Bupati, Ami Taher, Dandim, Kapolres, Kajari, Pimpinan DPRD dan Kepala Kemenag Kabupaten Kerinci, Pahrizal Zain.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kerinci, Fahrizal Zein mengatakan, dana SBSN yang dianggarkan oleh Pemerintah Pusat ini merupakan dana setoran calon jemaah haji yang dimanfaatkan oleh pemerintah, untuk membangun pusat layanan haji salah satunya PLHUT.

“Jika gedung PLHUT ini telah selesai dibangun, maka kami akan memfungsikan dengan maksimal dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Pembangunan gedung Pusat Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kerinci tersebut, sudah mulai dikerjakan oleh CV. Bina Tama Mandiri dengan anggaran sebesar Rp.1.8 Milyar dan waktu pengerjaan selama 150 hari kalender.

"Alhamdulillah impian kita Kantor Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu dibangun akhirnya terwujud, mudah-mudahan proses pembangunannya bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana," kata Kakankemenag Kabupaten Kerinci, Pahrizal Zain.

Pahrizal Zain menyebutkan dengan dibangunnya gedung PLHUT ini mudah-mudahan pelayanan untuk calon - calon jamaah haji dan umrah di kabupaten kerinci akan semakin meningkat dan jamaah haji juga akan semakin termotivasi untuk bisa menunaikan ibadah haji. "Mari kita dukung pembangunan gedung layanan haji dan umrah ini, dengan dibangunnya gedung ini bisa mempermudah masyarakat berurusan dan tidak lagi sesibuk kemarin, karena kantor ini satu pintu," pungkasnya.

Bupati Kerinci Adirozal dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pembangunan gedung baru ini. Mudah-mudahan dengan dibangunnya gedung PLHUT ini pelayanan untuk calon - calon jamaah haji dan umrah di kabupaten kerinci akan semakin meningkat.

"Dengan dibangunnya ini kita tidak lagi ke kantor dan Bank, semuanya sudah lengkap di kantor ini, untuk proses pelayanan haji dan umrah sudah lengkap disini," kata Bupati Kerinci Adirozal.

Bupati Adirozal berharap Kemenag Kerinci benar - benar melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang ingin berurusan masalah haji dan umrah. "Lokasi pembangunan kantor PLHUT ini juga letaknya strategis, karena berdekatan dengan bandara dan pinggir jalan besar," tutupnya.(adi)