Strategi Mencari Teman di Sekolah yang Baru

Kamis, 15 Juli 2021 - 10:55:02 - Dibaca: 824 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

Oleh: Riche Indria Sari S.Pd 

BERADA di lingkungan sekolah baru hal yang sangat kita butuhkan adalah seorang teman,teman  merupakan hal terpenting dalam kehidupan bersosial. Teman  juga memiliki pengaruh  yang besar dalam  kehidupan kita baik bersifat positif maupun negatif,maka dari itu dalam berteman sebaiknya kita  selalu menampilkan prilaku – prilaku yang positif agar dapat memberi dampak positif kepada orang lain. Ada beberapa strategi  yang  tepat untuk mencari teman  baru agar  disenangi teman  dengan cara positif   yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari- hari antara lain:

  1. Menciptakan Interaksi

Mempelajari teman merupakan modal awal untuk membangun interaksi, kita  dapat menentukan orang baik yang bisa jadikan teman intraksi dapat dibangun melalui  perkenalan lansung yang diawali dengan perkenalan diri sendiri dan memulai pembicaraan  misalnya dengan menanyakan nama, alamat, minat dan aktivitas favorit, dan lain sebagainya.

  1. Bersikap menyenangkan, baik, dan penuh perhatian Kesan pertama yang menyenangkan adalah hal yang penting di awal interaksi, yang meliputi penampilan yang menarik, sikap yang sopan, tenang dan gembira.
  2. Tingkah laku prososial

Tingkah laku prososial adalah tingkah laku yang dianggap baik oleh kebanyakan orang, seperti jujur, dapat dipercaya, mau memberitahu hal yang sebenarnya, menjaga janji, murah hati, mau berbagi, menolong dan bekerja sama.

  1. Menghargai diri sendiri dan orang lain

Orang  yang memiliki sikap dan kepribadian yang positif dengan tetap menjadi diri sendiri, seperti mau menghargai orang lain, mendengarkan orang lain berbicara, terbuka kepada orang lain, sopan, ramah, lucu, menjaga reputasi priba ; di, bersih, dan berpakaian rapi, lebih disukai oleh orang lain.

  1. Menyediakan dukungan sosial

Aktivitas yang menunjukkan kepedulian, seperti memberi pertolongan, nasihat, pujian, motivasi atau melakukan kegiatan bersama seperti belajar, bermain, duduk berdekatan atau berada dalam kelompok yang sama, dapat menguatkan hubungan dengan teman sebaya.  

 

Cara Yang Tidak Tepat  Dalam Mencari Teman

Ada beberapa perilaku yang jika kita lakukan dapat menjauhkan atau membuat teman enggan untuk dekat dengan kita, yaitu sebagai berikut :

  1. Perilaku Psikologis :Perilaku psikologis yang dapat merusak reputasi dan menyakiti perasaan teman kita diantaranya : Buruk sangka, Memanfaat orang lain untuk kepentingan diri semata, memaki, bertingkah laku kasar, membicarakan keburukan teman, menyebarkan berita bohong, mempermalukan teaman dan mengkritik teman dengan cara yang kasar.
  2. Sikap diri yang Negatif,

Pengaruh negatif dari lingkuangn mempengaruhi kepribadian dan perilaku yang terbentuk pada seseorang. Berbagai kebiasaan yang tidak baik, seperti berkata kotor dan kasar.

  1. Perilaku antisocial

Perilaku antisocial adalah perilaku menentang hidup bermasyarakat (sosial) yang muncul dari dalam diri. Contohnya adalah tidak menghargai orang lain, tidak peduli (masa bodoh), kurang perhatian, menjauhkan diri dari pergaulan, tidak mau berbagi, tidak mau membantu, tertutup, dan tidak mau bekerjasama.

  1. Agresi fisik dan verbal

Agresi fisik dan verbal merupakan sifat-sifat kepribadian yang mengganggu orang lain. Agresi fisik adalah kekerasan yang bertujuan untuk menyakiti orang secara fisik atau mengakibatkan kerusakan.

 

Cara memperoleh teman baru di sekolah

  1. Memperlihatkan keramahan : Pastikan senyum selalu terkembang di wajahmu, setiap waktu, terutama saat kamu berada diantara orang-orang yang ingin kamu jadikan teman. Tidak ada orang yang akan mendekatimu jika kamu terlihat mengenaskan dan mengerikan. Orang akan mau mendekati orang lain yang kelihatan ramah, senang dan terbuka. Bersikap baiklah ketika seseorang mengatakan sesuatu padamu, meskipun itu hanya meminjam pulpen.
  2. Bergabung di kegiatan ekstrakurikuler,Apa yang menarik bagimu? Apapun itu, carilah di sekolahmu apakah punya klub/organisasi yang sesuai. Tak peduli itu klub olahraga, koran sekolah, klub ilmiah, pecinta alam dan lain-lain, ada garansi bahwa kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesukaan sama denganmu. Tentu saja ini membuat kamu memiliki bahan untuk berbicara dengan mereka. Selain itu kamu akan menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang ini, bisa saling mengenal satu sama lain.
  1. Berteman di kelas : Jika kamu dapat memilih dimana kamu duduk di kelas, duduklah dekat dengan orang yang ingin kamu ajak berteman. Jika tidak, kamu selalu dapat mencoba berteman dengan orang yang duduk di dekatmu. Sangat mudah berbicara dengan mereka selama kelas berlangsung. Dan juga kalian memiliki kelas yang sama, jadi ada banyak hal yang dapat diperbincangkan. Mulailah pertemanan dengan menanyakan apakah mereka mau belajar bersama atau sesuatu yang semacamnya.
  2. Mulailah dengan sesuatu yang sama : Cara yang paling baik untuk memulai percakapan dengan siapapun adalah dengan membawa sesuatu yang keduanya memiliki kesamaan. Apakah kalian berdua berada di kelas dengan guru pengajar yang menyebalkan? Ikat itu dengan mencoba membicarakannya. Suatu saat kamu melihat foto seorang artis yang kamu sukai ada di ponsel temanmu, katakanlah “aku menyukainya juga” dan bla bla bla, percakapan pun bisa terus berlanjut.
  3. Jangan segan memuji orang : Semua orang suka menerima pujian, meskipun reaksinya berbeda-beda. Itu membuat orang lain bahagia. Lain kali saat kamu bertemu dengan cowok atau cewek yang ingin kamu ajak berteman, mungkin kamu bisa mengatakan hal yang sederhana seperti, “Hei, aku suka tas/sepatu mu, bagus sekali!” dengan nada yang biasa saja, jangan terlalu overakting. Pujian yang sederhana dan tulus adalah sebuah jalan mudah untuk memulai obrolan atau membuat orang dapat menerima kamu.
  4. Memulai dari sosial media : Saat ada orang yang menarik dan kamu ingin berteman dengannya, kamu dapat memulai dari sosial media. Cobalah untuk memfollow twitter-nya atau menambahkan teman di facebook. Jangan lupa untuk memperkenalkan diri kepadanya. Katakan bahwa kamu dan dia sekolah atau kuliah di tempat yang sama. Dari percakapan di sosial media, bisa dilanjut dengan ketemu di dunia nyata.    
  5. Terbukalah kepada siapapun : Jangan menilai orang hanya dengan melihat penampilannya saja. Luangkan waktu untuk berbicara dengan siapapun dan mencoba memahami orang seperti apapun keadaannya.

“Sekarang tersenyumlah dan aplikasikan tips-tips diatas! Selamat mencari teman!” (*)

*) Penulis adalah  Guru BK SMP Negeri 9 Tanjung Jabung Timur