Ratusan Siswa MAN Insan Cendekia Jambi Ikut MATSAMA Secara Virtual

Kamis, 15 Juli 2021 - 17:28:19 - Dibaca: 4242 kali

Google Plus Stumbleupon


Ratusan siswa MAN IC Jambi mengikuti kegiatan MATSAMA
Ratusan siswa MAN IC Jambi mengikuti kegiatan MATSAMA / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Mengawali tahun pelajaran 2021/2022, maka MAN Insan Cendekia (IC) Jambi melaksanakan kegiatan pembukaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) dengan mengusung tema ‘Mencetak Generasi Berkarakter Islami di Masa Pandemi Covid-19’.

Kegiatan ini diikuti 399 orang terdiri dari, peserta didik kelas X berjumlah 120 orang, kelas XI berjumlah 118 orang, kelas XII berjumlah 118 orang, guru berjumlah 38 orang dan tamu undangan berjumlah 5 orang.

MATSAMA kali ini dilaksanakan pada tanggal 12-14 Juli 2021 di Gedung Serba Guna (GSG) secara daring (Zooms) dengan menerapkan protokol kesehatan 5M.

Turut hadir dalam kegiatan MATSAMA, Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Moh. Isom, M.Ag, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi H. Zoztafia, S.Ag, M.Pd.I, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag H. Abd. Rahman, S.Ag, M.Pd.I, Kasi Kurikulum Kanwil Kemenag Dedi Irama Silalahi, S.Sos, M.A.B, Komite MAN Insan Cendekia Jambi Dr. M. Sidik, M.Pd dan Kepala MAN Insan Cendekia Jambi Dr. Zakiah, S.Ag, S.Pd, M.E.Sy.

Kegiatan MATSAMA dan Pembukaan KBM tahun pelajaran 2021/2022 dibuka langsung oleh Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama RI secara Daring. Dalam Sambutannya, Prof. Dr. H. Moh. Isom, M.Ag memberikan selamat kepada peserta didik baru yang diterima di MAN Insan Cendekia Jambi sebuah Madrasah Unggulan, Madrasah Berprestasi, Mandiri, dan Islami.

Beliau juga menyampaikan, dalam kondisi pandemi COVID-19 dibutuhkan tekad kuat dalam belajar. Jangan surut, dan selalu bersemangat untuk berprestasi, selalu meningkatkan kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik meskipun pembelajaran secara Daring.

“Sehingga dapat menjadi manusia yang memberikan manfaat bagi manusia lain. Saya menitipkan pesan kepada siswa semua agar dalam setiap salat untuk berdoa, sehingga Pandemi Covid-19 segera berakhir dan pembelajaran dapat kembali normal,” pintanya.

Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, H. Zoztafia, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutannya meminta kepada peserta didik baru agar bersyukur bisa diterima di MAN Insan Cendekia Jambi yang merupakan salah satu dari tiga MAN Insan Cendekia terbaik. Beliau juga berpesan, agar peserta didik tetap semangat walaupun pembelajaran secara daring.

“Ketaatan dan kepatuhan kepada guru sangat penting dalam belajar disiplin, manfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dengan baik. Guru juga harus mampu membina mental spiritual dan akhlak peserta didik dengan baik. Sehingga anak mendapatkan ilmu pengetahuan dan akhlak secara bersama,” harapnya.

Ketua Komite MAN Insan Cendekia Jambi, Dr. M. Sidik, M.Pd dalam sambutannya mengatakan akan selalu mensupport semua program peningkatan mutu MAN Insan Cendekia Jambi sehingga menjadi lebih baik.

Kepala MAN Insan Cendekia Jambi (Dr. Zakiah, S.Ag, S.Pd, M.E.Sy) dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas dukungan Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama RI, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag, Kasi Kurikulum Kanwil Kemenag, Komite MAN IC dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu terhadap program madrasah.

Dihadapan 356 peserta didik, dia berpesan bahwa tujuan MATSAMA adalah pertama mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter madrasah. Kedua menumbuhkan kultur dan jiwa bangga dalam diri peserta didik untuk belajar,  mencintai, dan menjaga nama baik madrasah.

“Ketiga menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke Indonesiaan kepada peserta didik,” bebernya.

 Bagi guru, Dr. Zakiah juga berpesan tetap komitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada madrasah, khususnya peserta didik.

Disamping kegiatan MATSAMA yang dilakukan, kegiatan belajar mengajar juga sudah dimulai melalui Daring untuk kelas XI dan kelas XII. PKM Bidang kesiswaan  Maryana, M.Pd. dan PKM Bidang Akademik Didik Setiaji, M.Ed bersinergi dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik melalui program MATSAMA dan pembelajaran secara daring. (kta)