Membangun Sinergi, KPPN Sungai Penuh Tuntaskan Aktivasi OTP SAKTI dan Capaian Output Satuan Kerja

Jumat, 16 Juli 2021 - 14:07:25 - Dibaca: 1860 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SUNGAIPENUH - Untuk kesiapan Roll Out SAKTI yang akan dilaksanakan awal tahun 2022, KPPN Sungai Penuh bersinergi dengan para Kuasa Pengguna Anggaran mitra kerja dalam akselerasi pendaftaran user dan aktivasi OTP SAKTI.

Dalam hal ini dipilih Kantor Kementerian Agama Sungai Penuh, selain dekat dengan lokasi KPPN Sungai Penuh, dan juga mempunyai 4 DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) yang dikelola, selain itu Kantor Kementerian Agama juga membawahi beberapa sekolah setingkat SD (Madrasah Ibtida’iyah), SMP (Madarasah Tsanawiyah) dan SMA (Madarasah Aliyah) yang merupakan Satker terbanyak apabila dibagi per Kementerian/Lembaga, baik yang berada di Kota Sungai Penuh maupun di Kabupaten Kerinci.

Kepala KPPN Sungai Penuh, Desriandi, mengatakan bahwa dalam kunjungan ke Kantor Kementerian Agama Sungai Penuh diterima lansung oleh Kakanmenagnya Hardiman didampingi oleh Kasubag TU dan beberapa orang staf pengelola keuangan Satker Kemenag. "SAKTI yang merupakan akronim dari Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi, adalah sebuah aplikasi berbasis web yang akan menggantikan fungsi aplikasi keuangan eksisting yang ada pada seluruh satuan kerja pemerintah, seperti : aplikasi RKA-KL, SIMAK, Persediaan, SAS, SILABI dan SAIBA," ujarnya.

Setelah sukses diimplementasikan pada satuan kerja lingkup Kementerian Keuangan mulai tahun 2017 hingga tahun 2020, Kementerian Keuangan akan mengimplementasikan SAKTI secara penuh di seluruh satuan kerja Kementerian/Lembaga pemerintah pada tahun 2022 mendatang, kegiatan ini lebih dikenal dengan nama Roll Out SAKTI. "Namun demikian sebelum Roll Out dilaksanakan, terlebih dahulu seluruh satuan kerja Kementerian/Lembaga wajib melakukan pendaftaran user SAKTI full module dan aktivasi One Time Password (OTP) di KPPN daerahnya masing-masing," ungkapnya.

Sebagai bentuk dukungan KPPN Sungai Penuh dalam menyukseskan Roll Out SAKTI tersebut, KPPN Sungai Penuh menjalin sinergi dengan para Kuasa Pengguna Anggaran satuan kerja lingkup kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci untuk bersama-sama melakukan akselerasi pendaftaran user dan aktivasi OTP SAKTI. Kegiatan akselerasi ini dilaksanakan mulai dari hari Senin, tanggal 12 Juli 2021 hingga hari Rabu, tanggal 14 Juli 2021 dengan melibatkan 17 unit satuan kerja dari 4 Kementerian/Lembaga bertempat di kantor Satuan Kerja masing-masing.

Hasil dari kegiatan ini adalah pada hari Rabu, tanggal 14 Juli 2021 berdasarkan pantauan dari aplikasi monsakti.kemenkeu.go.id, pendaftaran user SAKTI dan aktivasi OTP untuk satuan kerja Lingkup KPPN Sungai Penuh telah mencapai 100%.
Dalam waktu bersamaan disampaikan juga kepada satker mitra KPPN Sungai Penuh kami ucapkan terima kasih, karena telah menyampaikan data capaian outputnya periode Juni 2021 dengan tepat waktu. "Periode penyampaian ini dimulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan tanggal 14 Juli 2021, dan tuntas pula progres penyampaian data capaian output berkenaan untuk semua Satuan Kerja tanpa keterlambatan dengan total sebanyak 42 Satker," ucapnya.

Dalam hal penyampaian output, KPPN terus mengupayakan yang terbaik, mulai dari monitoring berkala dan selalu mengingatkan Satker yang belum menyampaikannya, dan termasuk menanyakan lansung kendalanya apabila ada kesulitan. "Harapannya untuk kedepan penyampaian capaian output bisa lebih dipercepat lagi untuk mendapatkan Nilai IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) yang berkualitas, baik untuk IKPA Satker KPPN sendiri maupun untuk IKPA Satker Mitra KPPN Sungai Penuh," pungkasnya.(adi)