Nganggur 5 Tahun, Van Gaal Kembali Latih Timnas Belanda

Kamis, 22 Juli 2021 - 11:39:49 - Dibaca: 668 kali

Google Plus Stumbleupon


Louis Van Gaal dan Jose Mourinho/Sky Sports
Louis Van Gaal dan Jose Mourinho/Sky Sports / Jambi Ekspres Online

AMSTERDAM—KNVB telah mencapai kesepakatan dengan Louis van Gaal untuk kembali melatih tim nasional Belanda. Itu menurut klaim De Telegraaf. Sang pelatih legendaris akan mempersiapkan timnas menghadapi Piala Dunia 2022 Qatar.

Pelatih berusia 69 tahun itu sudah menganggur sejak meninggalkan Manchester United pada 2016. Ia akan menggantikan Frank de Boer yang menanggalkan jabatannya setelah tersingkir dari Euro 2020.

Van Gaal adalah seorang manajer dengan banyak kesuksesan di CV-nya. Ia tercatat meraih tujuh gelar liga, satu Liga Champions, dan satu Piala FA. Meski demikian, belum sekali pun ia meraih gelar di level tim nasional.

Sang pelatih sudah pernah menangani timnas di dua kesempatan. Prestasi terbaiknya adalah finis ketiga di Piala Dunia 2014. Setelah piala dunia itu, ia kemudian memimpin Manchester United yang kala itu baru saja memecat David Moyes.

Pasca ditinggalkan Van Gaal, Belanda gagal lolos ke dua kompetisi besar berikutnya; Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Mereka akhirnya kembali ke turnamen besar di Piala Eropa 2020 berkat sentuhan Ronald Koeman, namun terhenti secara mengecewakan di tangan Republik Ceko pada babak 16 besar.

Belanda kini sepertinya berharap Van Gaal mengubah nasib mereka. Van Gaal adalah apa yang dibutuhkan permainan pada saat-saat tertentu. Van Gaal sendiri akan kembali bekerja sama dengan Danny Blind dan Frans Hoek sebagai asistennya.

 

Seperti dikutip dari lastwordonsports.com, Henk Fraser, yang mengelola Sparta Rotterdam, juga telah setuju untuk bergabung dengan staf. Harapan KNVB adalah mempersiapkan Fraser untuk memimpin timnas setelah Piala Dunia 2022.

Louis van Gaal tidak asing dengan memainkan peran pengasuhan bagi pelatih muda seperti yang dia lakukan dengan Ryan Giggs di Manchester United, meskipun itu adalah situasi yang berbeda mengingat Fraser sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun.

Blind dan Hoek keduanya adalah bagian dari staf untuk Piala Dunia 2014 – di mana Belanda kalah dari Argentina dalam adu penalti di semi final. Hoek mengikuti Van Gaal ke Manchester United, sementara Blind akhirnya memimpin tim nasional. (amr)

Sumber: www.fajar.co.id