Tingkatkan Budaya Literasi, KPPN Gelar Pelatihan Menulis

Jumat, 23 Juli 2021 - 15:17:40 - Dibaca: 2160 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia KPPN Sungai Penuh, khususnya dalam penyusunan karya tulis dan jurnalistik KPPN Sungai Penuh menggelar Pelatihan Literasi dan Jurnalistik.

Acara yang dilaksanakan pada Jumat (23/07/2021) ini bertempat di Aula KPPN Sungai Penuh dengan tema "Optimalkan Kinerja Organisasi melalui Literasi Perbendaharaan yang Berkualitas". Kegiatan ini dilaksanakan, juga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KPPN Sungai Penuh, Desriandi, dan seluruh staf KPPN dengan menghadirkan Narasumber dari Redaksi Jambi Ekspres dan Redaksi Jambi Independen.

Dalam sambutannya Kepala Kantor KPPN Sungai Penuh, Desriandi, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya KPPN Sungai Penuh dalam meningkatkan Budaya Literasi terutama dalam lingkup KPPN.

“Gerakan literasi ini sejalan dengan program kementerian keuangan, sehingga KPPN Sungai Penuh sangat mengapresiasi kegiatan kegiatan seperti ini. Diharapkan dengan pelatihan literasi dan jurnalistik ini dapat meningkatkan budaya membaca dan menulis di lingkup KPPN” Tegas Desriandi.

Ditambahkan Desriandi, bahwa program literasi perbendaharaan perlu dilanjutkan dengan cakupan pejabat pengawas/fungsional dan pelaksana di lingkup KPPN Sungai Penuh yang merupakan salah satu Indikator Kinerja utama bagi seluruh pejabat pengawas dan keharusan bagi pelaksana sesuai rekomendasi Tim Pembinaan Kanwil DJPb Provinsi Jambi.

"Tahun 2021 ini Pejabat Pengawas masih diwajibkan pencapaian nilai IKU dalam setahun, dan KK merupakan rata-rata dari nilai pencapaian IKU pejabat pengawas yang merupakan bawahannya lansung, untuk perlu mengadakan semacam bimtek atau pelatihan berupa Pelatihan Penulisan Literasi Perbendaharaan," ungkapnya.

Kegiatan ini sambung Desriandi, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam hal peningkatan kualitas Literasi Perbendaharaan bagi pejabat pengawas dan pelaksana, dan
Meningkatkan wawasan pejabat pengawas dan pelaksana dalam penulisan karya tulis populer di media massa.

Sementara itu Irva Gusnadi, selaku narasumber yang membawakan materi dasar dasar penulisan jurnalistik menyampaikan budaya literasi tidak cukup hanya dalam tataran konsep tapi membutuhkan aksi langsung dalam kehidupan sehari hari.

Budaya literasi harus dimulai dari hal hal sederhana dalam kehidupan sehari hari baik dalam lingkungan rumah tangga maupun lingkungan kantor. "Yang penting punya keinginan dan rajin untuk menulis, insyaallah kami yakin pegawai KPPN Sungai Penuh akan mampu untuk menghasilkan karya tulis yang baik," ucap wartawan Jambi Ekspres liputan Kerinci dan Sungai Penuh ini.(adi)