Potensi Karhutla Besar, Bupati Ajak Masyarakat Waspada dan Tak Bakar Lahan

Selasa, 27 Juli 2021 - 10:52:05 - Dibaca: 1921 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online
 

SENGETI- Kabupaten Muarojambi lada beberapa tahun belakangan ini memiliki potensi yang sangat besar akan  ancaman Bencana Kebakaran Hutan dan lahan yang dampak negatifnya akan merugikan masyarakat baik materil maupun kesehatan.

 
Untuk itu, setiap tahun Pemkab bersama instansi lainnya selalu serius mencegah Bencana Karhutla terjadi, dan tahun ini pemerintah Kabupaten Muarojambi peringatkan kepada jajarannya untuk selalu waspada menimalisir terjadi karhutla.
 
Seperti yang disampaikan oleh Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro yang mengatakan bahwa pihaknya terus mengerahkan jajaran dan instansi yang terkait selalu siap siaga meminimalisir mencegah terjdinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Muarojambi saat musim kemarau.
 
"Iya meskipun tahun lalu, kasus karhutla di Muarojambi tidak begitu serius, dan masih bisa ditangani dengan baik, tahun ini kita akan tetap waspada, saya meminta kepada masyarakat Kabupaten Muarojambi untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar," kata Bupati Masnah belum lama ini.
 
Ia juga mengimbau dan meminta kepada seluruh masyarakat Muarojambi agar kesadarannya untuk membuka lahan pertanian tidak melakukan dengan cara membakar.
 
Untuk antisipasi, jajaran dan instansi kita telah menyiapkan rencana pencegahan yang matang dan detail serta sinergi yang kuat dalam upaya pencegahan maupun pemadaman karhutla," ungkapnya
 
Sementara itu secara terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muarojambi Ardanus Mengatakan Untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, pihaknya telah siap siaga melakukan patroli tiap-tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Muarojambi.
 
Bahkan ia memprediksi Muarojambi akan aman dari ancaman Karhutla, karena tim peduli api serta masyarakat sudah disiagakan di Kecamatan yang rawan Karhutla.
 
"Insyaallah Muarojambi akan bisa aman dari ancaman Karhutla, karena tim satgas Karhutla kita bersama masyarakat peduli api sudah siap siaga, contohnya di Sungai Gelam Minggu lalu saat itu kejadian saat itu langsung berhasil ditangani," tuturnya
 
Ia juga menuturkan hasil prakiraan cuaca yang dirilis BMKG Jambi disebutkan wilayah Muarojambi tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab.(era)