Batanghari Krisis Tabung Oksigen, Kapolda Jambi Cek Ketersediaan di RSUD Hamba

Selasa, 03 Agustus 2021 - 16:21:39 - Dibaca: 1816 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARABULIAN - Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Abdoel Madjid Batoe (Hamba) Muara Bulian melonjak. Akibatnya kebutuhan tabung oksigen belum tercukupi. Selasa (03/08).

Untuk memastikan ketersediaan tabung oksigen. Kapolda Jambi Irjen A.Rachmad Wibowo didampingi oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, Wakil Bupati Bakhtiar, dan Sekretaris Daerah M.Azan ikut mengecek ketersediaan tabung oksigen di RSUD Hamba.

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief saat dikonfirmasi mengatakan pemakaian tabung oksigen sangat luar biasa karena ini tergantung dengan pasien yang masuk, kalau pasiennya masuk dalam kondisi berat, maka akan boros.

"ini kali kedua kejadian seperti ini, tapi alhamdulillah dibantu pak Kapolda dapat pinjaman dari tempat lain. Tapi kedepannya tidak bisa begini terus, jadi salah satu solusinya bagaimana ada stok tambahan, Karena vendor yang diikat oleh RSUD Hamba ini terbatas juga."ujar Fadhil Arief.

Fadhil menyebutkan dengan lonjakan semua tempat ini menjadi kewalahan ini yang coba kita antisipasi, mungkin salah satu kedepannya menyiapkan tabung untuk di isi di PT WKS di Tanjab Barat.

Fadhil mengatakan di RSUD Hamba hanya mempunyai 76 tabung oksigen, tetapi pihak RS juga bisa meminjam tabung jika pasokan terhambat. Kolaborasi ini bisa mencegah kejadian untuk tidak terulang lagi.

"Minimal kita harus mempunyai 200 tabung untuk kebutuhan, Karena jika pasien semuanya menggunakan oksigen diperkirakan dalam waktu empat hari sudah habis."tutur Fadhil.

Sementara itu terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari dr Elfie Yennie menyampaikan saat ini sedang menghadapi krisis oksigen, masalahnya kebutuhan sedang melonjak sangat tinggi dan juga pasien yang masuk dalam keadaan kondisi berat.

"Yang dirawat banyak menggunakan ICU bahkan ventilator, jadi satu pasien bisa menghabiskan delapan tabung sehari.

Dalam pekan ini memang luar biasa, pasien yang masuk berat berat, biasanya pasokan untuk seminggu, namun hanya untuk empat sampai lima hari saja sudah habis.Kebutuhan 170 sampai 200 tabung, ukuran tabung enam kubik,"kata Elfie.(rza)