Sambangi Home Industri, Ketua PKK Apresiasi Penanaman Jahe Merah di Desa

Kamis, 12 Agustus 2021 - 07:42:50 - Dibaca: 5654 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KUALATUNGKAL- Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Hj. Umi Fadhilah Sadat bersama Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat kembali melakukan kunjungan di salah satu home industri yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kali ini ketua TP PKK Tanjung Jabung Barat melihat produksi olahan jahe merah di Desa bukit indah dan desa sungai muluk Kecamatan Muara Papalik.

YAMAHA2A_5

Kunjungan Ketua PKK Tanjabbar pada kelompok wanita tani di desa Sungai muluk dan bukit indah ini mendapat apresiasi dari anggota penggerak PKK di desa setempat. Karena menjadi semangat bagi anggota anggota PKK di desa dalam melaksanakan tugas program tim penggerak PKK.

Ketua tim penggerak PKK, Hj. Umi Fadhilah Sadat disela-sela kunjungannya menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh anggota PKK di desa Sungai muluk desa bukit indah dan desa-desa kreatif lainnya yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Ia menambahkan budidaya tanaman obat seperti jahe memang sangat baik. selain bisa digunakan sendiri juga bisa menambah pemasukan perekonomian bagi tim penggerak PKK yang yang memanfaatkan pengembangan budidaya tanaman jahe.

"Dengan menggerakkan tim penggerak PKK di tingkat desa tentunya bisa mengajak warga dalam memanfaatkan pekarangan,di sini ibu ibu juga bisa lebih kreatif dalam kesehariannya. Selain itu ibu-ibu bisa bahu-membahu dan bekerja sama membangun lokasi sekaligus menanam bibit tanaman obat keluarga (toga)," ujarnya.

dari pengalaman kelompok wanita tani yang ada di desa Sungai muluk dan Desa bukit indah ini. Ketua tp-pkk melihat potensi besar yang bisa di kembangkan kedepannya untuk menjadi sentra penanaman jahe di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dari rasa yang telah dicoba oleh ketua TP PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Hj. Umi Fadhilah Sadat mengatakan rasa jahe sangat mantap.

"Hasil olahan jahe yang telah dibuat menjadi bubuk ternyata sudah dijual dan mendapat tempat di hati masyarakat setempat karena rasanya yang enak," kata Hj. Umi Fadhilah

Untuk itu dirinya berharap kepada kelompok kelompok kami khususnya kelompok tani wanita yang membudidaya jahe, agar tetap terus bersemangat menanam dan mengolah hasil tanaman jahe agar bisa membantu perekonomian di keluarga karena potensi yang sangat besar.

"Tentunya ini bisa dijual keluar daerah jika nanti produksinya sudah banyak,kita akan membantu promosikan keluar daerah agar jahe di desa ini terkenal dan bisa dinikmati oleh kalangan banyak," ungkapnya.

Sementara itu salah satu pelaku UKM jahe yang ada di desa tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya telah dikunjungi oleh ketua TP PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Diceritakannya jika pada awalnya bibit bibit jahe ini dikembangkan setelah dibawa oleh Kepala Desa ke daerah untuk ditanam di kebun-kebun yang ada di dekat rumah.

Diakuinya setelah menjalani ini bertani jahe merah, dirinya bersama kelompok sangat terbantu perekonomiannya karena olahan dari jahe mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

"Alhamdulillah disini kami bisa berkarya membuat olahan jahe,jadi di sini kami bisa membantu perekonomian keluarga apalagi di wilayah kami saat ini memasuki masa replanting,"ungkapnya.

dirinya pun meminta kepada pemerintah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk membantu sarana dan prasarana dalam pengembangan usaha jahe merah yang ada di desa Sungai muluk dan Desa bukit indah.(Sun)