Buka Pemilihan Duta Baca, Ketua Komisi I : Kita Harap Bisa Jadi Influencer Masyarakat Agar Gemar Membaca

Jumat, 17 September 2021 - 19:13:57 - Dibaca: 665 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi Hafis Hasbiallah membuka acara pemilihan duta baca Provinsi Jambi (17/9). Ia berharap dengan terpilihnya juara ajang ini bisa influencer (pemengaruh) masyarakat untuk gemar membaca.
"Duta baca ini kita harapkan sebagai opinion leader, influencer untuk gemar membaca. Kita harapkan nantinya duta baca bisa melakukan sosialiasi dan menjadikan perilaku membaca,” ujarnya saat membuka acara di Kantor Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Jambi (17/9).
Sebagai mitra dari DPAD ini, Hafis berharap agar pemilihan dilakukan transparan dan terbuka. "Mana yang terpilih itulah yang terbaik, dan yang belum terpilih mungkin ada jalan lainnya,” terangnya.
Terdapat 30 peserta pemilihan duta baca ini yang akan diseleksi menjadi satu duta baca. Jumlah ini setelah melewati tahap penyaringan sebelumnya dari 50 orang. Adapun peserta acara ini diikuti oleh tamatan strata satu, bahkan juga ada yang berprofesi sebagai dokter.
“Tantangan kita adalah dalam akses internet yang masih jarang digunakan untuk membuka bahan bacaan. Di Indonesia bahkan kita ada di peringkat ke-34 dalam akses internet, namun digunakan dalam hal berselancar di media sosial dan bukan meningkatkan budaya membaca,” pungkasnya.
Acara ini turut dihadiri oleh Kepala DPAD Syamsurizal bersama pejabat terkait lainnya.(aan)