Analisis Perilaku Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Corona Virus Desease (Covid-19) di Kelurahan Kampung Baru Kabupaten Batang Hari Tahun 2020

Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:01:57 - Dibaca: 449 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

Oleh : Vivi Kurniawati

STIKES Harapan Ibu
Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat

Pada 2019 dunia dikejutkan oleh virus baru yang diberi nama Corona Virus Desease (Covid-19), sampai saat ini pasien yang meninggal akibat virus ini masih terus baertambah, untuk memutus mata rantai covid-19 ini haruslah dilakukan upaya pencegahan. Tujuan dari penelitain ini yaitu mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, motivasi, perepsi dan peran petugas kesehatan terhadap perilaku masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19 di Kabupaten Batang Hari.
Penelitian dilakukan di Kelurahan Kampung Baru Kabupaten Batang Hari pada bulan September 2020. Sampel penelitian adalah Kepala Keluarga yang tinggal di kelurahan kampung baru sebanyak 99 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan Cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Teknik pengumpulan data dengan pemberian kuesioner melalui wawancara. Data dianalsis menggunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui ada hubungan antara pengetahuan (p=0,000), motivasi (p=0,000), peran petugas kesehatan (p=0,000) terhadap perilaku masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19, tidak ada hubungan antara sikap terhadap terhadap perilaku masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19 dengan n (p=0,192), tidak ada hubungan antara persepsi terhadap perilaku masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19 dengan (p=0,116)
Diharapkan petugas desa untuk membentuk relawan covid-19 dan posko khusus terkait informasi covid-19, dan petugas kesehatan memberikan informasi kepada masyarakat secara berkala dan berkelanjutan, serta masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan corona virus desease. (*)