Selama Pandemi Tren Pembuatan SIM Menurun

Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:34:41 - Dibaca: 231 kali

Google Plus Stumbleupon


Kasi SIM Polresta Jambi IPDA I Made Bagus Oka
Kasi SIM Polresta Jambi IPDA I Made Bagus Oka / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Dua tahun lebih terjadinya pandemi Covid-19, ternyata berpengaruh terhadap animo masyarakat dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polresta Jambi. Kasat Lantas Polresta Jambi, Kompol Doni Wahyudi melalui Kasi SIM, IPDA I Made Bagus Oka mengatakan selama masa pandemi pihaknya hanya menerima pembuatan SIM dari masyarakat sebanyak 60 berkas, berbeda dengan sebelum pandemi, pembuatan SIM bisa mencapai 100 lebih berkas.
"Jam operasional selama pandemi pun kami batasi, dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB," kata Bagus kemarin (13/10).
Dikatakannya, selain berkurangnya jam operasional pembuatan SIM, penyebab lain turunnya tren pembuatan SIM oleh masyarakat, juga dikarenakan berkurangnya razia-razia yang dilakukan pihaknya.
"Karena kami jarang razia, jadi kesadaran masyarakat untuk membuat SIM ikut berkurang," terangnya.
Dalam pembuatan SIM pun cukup mudah, hanya dengan mengambil formulir pembuatan SIM, melampirkan fotokopi KTP, surat kesehatan dan surat psikologi. Setelah itu pembuat SIM akan mendapatkan nomor registrasi untuk mengikuti psikotes dan tes praktek.
"Pembayaran pembuatan SIM dilakukan di bank terdekat. Kalau lulus keseluruhan SIM akan kami langsung keluarkan. Tujuan psikotes dan praktek agar masyarakat tahu berkendara baik dan benar. Kalau mau daftar online juga bisa," urainya.
Menghindari percaloan dalam pembuatan SIM di Satlantas Polresta jambi, pihaknya telah menyiapkan petugas jaga dibagian informasi. Masyarakat dipersilahkan untuk mendatangi petugas informasi apabila kurang mengetahui prosedur pembuatan SIM.
"Calo dalam pembuatan SIM kan sudah jelas dilarang sesuai atensi pak kapolres," tandasnya. (yos)